Belum Tentukan Sebab Pesawat Jatuh, Polri Masih Cari Black Box

Polri berharap tim SAR segera menemukan korban dan black box atau kotak hitam.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 06 Des 2016, 16:30 WIB
Diterbitkan 06 Des 2016, 16:30 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Pencarian terhadap pesawat jatuh jenis Skytruck P 4201 milik Polri masih dilakukan di perairan Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau (Kepri). Hingga kini pencarian telah diperluas ke beberapa titik.

Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Polri Kombes Martinus Sitompul berharap, dari pencarian tersebut tim SAR segera menemukan korban dan black box atau kotak hitam.

"Namun memang ada satu terjadi kendala yang kami belum tahu, makanya akan dilakukan upaya pencarian tubuh korban dan termasuk black box, sehingga diketaui penyebabnya (pesawat terjatuh)," ucap Martinus di kantornya, Mabes Polri, Jakarta, Selasa (6/12/2016).

Terkait perkataan beberapa nelayan sekitar yang mengatakan pesawat sempat meledak sebelum terjatuh, Martinus kembali tak bisa menjelaskan. Sebab, kotak hitam masih belum ditemukan.

"Soal ada ledakan atau tidak, itu belum ada informasi yang masuk ke kami, sehingga kami belum bisa jelaskan," sambung Martinus.

Sementara itu, Martinus menegaskan pesawat dalam kondisi laik terbang saat bertolak dari Jakarta menuju Pangkal Pinang. Begitu juga saat keberangkatan dari Pangkal Pinang menuju Batam, Kepulauan Riau (Kepri).

"Itu kondisi bagus, saat mau terbang dari Pangkal Pinang itu kondisi cukup baik. Maka penumpang kemudian berangkat ke Kepri, perjalanan sekitar dua jam. Sehingga mereka pastikan kendaraan laik dan siap terbang," ungkap Martinus.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya