8 Polisi Sukabumi Tilap Barang Bukti Sabu, Bareskrim Minta Maaf

Apabila terbukti gelapkan sabu, kedelapan anggota Polres Sukabumi itu terancam dipecat.

oleh Hanz Jimenez Salim diperbarui 07 Mei 2018, 16:08 WIB
Diterbitkan 07 Mei 2018, 16:08 WIB
BNN dan Polri Musnahkan Sabu di Monas
Petugas menata boks plastik berisi barang bukti narkotika jenis sabu sebelum pemusnahan di lapangan silang Monas, Jakarta, Jumat (4/5). Sabu 2,647 ton yang dimusnahkan adalah hasil sitaan dari dua kasus dengan delapan tersangka. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Delapan anggota Polres Sukabumi yang diduga menggelapkan narkoba jenis sabu telah diperiksa Bidang Provesi dan Pengamanan (Propam) Polda Jawa Barat.

Direktur Tindak Pidana Narkoba Bareskrim Polri Brigjen Eko Daniyanto mengatakan proses pemeriksaan itu dilakukan untuk mencari bukti tentang adanya dugaan penggelapan sabu.

Apabila terbukti menggelapkan narkoba, sambung Eko, kedelapan anggota Polres Sukabumi itu terancam dipecat.

"Sudah dibawa ke Polda Jabar untuk diperiksa. Kalau sudah bukti lengkap semua maka pertama yang dilakukan adalah proses PDH-nya. (Setelah itu) baru diajukan masalah penggelapannya," kata Eko di kawasan Ancol, Jakarta Utara, Senin (7/5/2018).

Di sisi lain, Eko menyesalkan adanya kejadian ini. Ia berjanji akan memperketat pengawasan terhadap seluruh anggota Reserse Narkoba sehingga kejadian serupa tidak terulang.

"Ini sudah sangat fatal sekali. Saya pun sangat kecewa sekali dan saya minta maaf atas kelakuan anak buah kami," ucap Eko.

 

Saksikan video pilihan di bawah ini:

 

BNN dan Polri Musnahkan Sabu di Monas
Petugas membawa boks plastik berisi barang bukti narkotika jenis sabu untuk dimusnahkan di silang Monas, Jakarta, Jumat (4/5). Sabu 2,647 ton yang dimusnahkan adalah hasil sitaan dari dua kasus dengan delapan tersangka. (Merdeka.com/Imam Buhori)

Ditindak Tegas

Sementara itu, Eko pun meminta kepada seluruh Polda dan Polres untuk mengambil tindakan tegas, apabila menemukan indikasi ada anggota polisi yang 'bermain' dalam kasus narkotika. Bila perlu, kata dia, segera ajukan pergantian personel.

"Nah ini, saya minta kepada seluruh Polres manakala ada anggota yang sakit (diduga bermain) segera ajukan untuk diganti. Sehingga ada pengawsan kepada anggota di lapangan, apalagi narkotika ini sudah mewabah," tandas Eko.

Terakhir, Eko memastikan bahwa pihaknya tidak akan memberikan toleransi terhadap delapan anggota Polres Sukabumi ini. Jenderal bintang satu ini menegaskan proses hukum akan terap dilakukan.

"Siapapun orangnya, pejabat polisi, masyarakat itu sama dimata hukum. Jadi saya perintahkan untuk diproses," tandas Eko.

 

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya