Fakta-Fakta Wanita Berinisial L dalam Pusaran Kasus Andi Arief

Belakangan Iqbal membenarkan ada seorang wanita bersama Wasekjend Partai Demokrat itu di dalam kamar hotel. Wanita itu berinisial L. Siapa L?

oleh Maria Flora diperbarui 05 Mar 2019, 19:15 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2019, 19:15 WIB
Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief Andi Arief
Wakil Sekretaris Jenderal Demokrat Andi Arief Andi Arief

Liputan6.com, Jakarta - Dalam foto-foto penggerebekan Andi Arief yang beredar, terlihat seorang wanita berbaju tanpa lengan warna pink dengan bawahan jins biru. Siapa sosok wanita misterius yang tengah bersama politikus Partai Demokrat itu saat diciduk di Hotel Peninsula, Jakarta Barat?

Awalnya, polisi membantah keberadaan wanita saat proses penggeledahan. Kepala Divisi Humas Mabes Polri M Iqbal bahkan menyebut pihaknya hanya menemukan Andi Arief berikut narkoba jenis sabu serta alat isap bong di dalam kamar hotel.

"Saat petugas melakukan penggerebakan cuma satu, yaitu AA," kata Iqbal di Mabes Polri, Senin (4/3/2019).

Belakangan Iqbal membenarkan ada seorang wanita bersama Wasekjend Partai Demokrat Andi Arief itu di dalam kamar hotel. Wanita itu berinisial L. Berikut ini fakta-faktanya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


1. Apakah Livy Andriany?

Yusron Fahmi/Liputan6.com
Mantan Staf Khusus Presiden ke-6 SBY, Andi Arief

Polisi mengungkap, wanita berinisial L itu merupakan sahabat Andi Arief.

"Diduga sahabat (Andi Arief), kenal satu sama lain," ujar Kepala Divisi Humas Polri Irjen Mohammad Iqbal di kantornya, Jakarta, Selasa (5/3/2019).

Namun, dia menyatakan, wanita tersebut belum tentu Livy Andriany, caleg dari Partai Nasdem yang diisukan tengah bersama Andi Arief saat digerebek di kamar hotel.

"Inisialnya L, tapi tidak ada kaitannya dengan yang beredar itu. Ada (isu) yang sampaikan bahwa itu caleg, politikus, tapi tidak ada kaitannya sama sekali," ucap Iqbal.

 


2. Sempat Dibantah Polisi

Polisi Beberkan Penangkapan Andi Arief Terkait Narkoba
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal (kiri) memberi keterangan terkait penangkapan Andi Arief, Jakarta, Senin (4/3). Andi diduga baru menggunakan sabu yang kemudian dibuang ke kloset sesaat sebelum penggerebekan. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Sebelumnya, Iqbal sempat membantah ada seorang wanita saat penggerebekan berlangsung. Namun, dia mengaku tidak menutup kemungkinan adanya keterlibatan orang lain setelah dilakukan penyelidikan lebih lanjut.

"Saya sampaikan pada saat penggerebekan benar petugas kami hanya menemukan saudara AA. Tapi itu belum titik loh. Bahwa ke depan hasil pengembangan apakah ada yang check out dulu, ada yang keluar sebelum penggerebekan akan kami sampaikan," kata Iqbal di Mabes Polri, Senin kemarin.

 


3. Klarifikasi Livy Andriany

Politikus Demokrat Andi Arief
Politikus Demokrat Andi Arief. (Liputan6.com/M. Radityo)

Livy Andriany merupakan calon legislatif Partai Nasdem. Foto-foto viral di media sosial yang mengatakan wanita yang tengah bersama Andi Arief saat penangkapan adalah dirinya, membuat dia akhirnya bersuara.

Livy membantah bahwa dirinya yang bersama Andi Arief saat penggerebekan terjadi.

"Dengan ini saya, Livy Andriany, caleg DPR RI Partai Nasdem menyesalkan dan menyayangkan beredarnya foto saya dengan narasi sayalah perempuan yang ada di dalam kamar hotel saat Andi Arief ditangkap polisi," ujar Livy dalam keterangannya di laman website resmi Nasdem, Selasa (5/3/2019).

"Dengan ini saya menegaskan bahwa saya bukan perempuan yang berada di kamar itu," tegas Livy.

Livy mengaku pada hari penangkapan Andi Arief, dia tengah bersama keluarga besarnya menikmati akhir pekan.

"Saya menikmati akhir pekan, karena saya baru saja pulang dari dapil," jelas Livy.

Dengan penjelasan itu, dia meminta tidak ada pihak lagi menyebarkan fotonya dan dikaitkan dengan Andi Arief.

 


4. Akan Bawa ke Jalur Hukum

Polisi Beberkan Penangkapan Andi Arief Terkait Narkoba
Kadiv Humas Mabes Polri Irjen Pol Muhammad Iqbal (tengah) memberi keterangan terkait penangkapan Andi Arief di Jakarta, Senin (4/3). Polisi mengamankan barang bukti berupa alat pakai. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Livy mengaku merasa terganggu terkait pemberitaan tersebut. Caleg DPR RI Partai Nasdem bahkan mengancam akan membawa ke jalur hukum, jika masih dikaitkan dengan dirinya dan Andi Arief.

"Jika masih ada orang atau netizen yang melanggar privasi saya, maka saya akan bawa ke ranah hukum. Sampai saat ini saya masih sibuk melakukan kegiatan sebagai caleg DPR Partai Nasdem di Dapil Jateng IV," pungkas Livy.

Dilatarbelakangi fakta-fakta itu, dia meminta kepada siapa pun agar tidak coba-coba lagi mengedarkan atau menyebarluaskan foto saya yang dikaitkan dengan penangkapan Andi Arief lewat media mana pun.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya