Cerita 2 Seniman Indonesia Tampil di Art Basel Hong Kong

Sejumlah seniman Indonesia ambil bagian di ajang pentas seni Art Basel Hong Kong 2019. Dua nama di antaranya adalah Agus Suwage dan Eddie Hara.

oleh Yusron Fahmi diperbarui 28 Mar 2019, 10:03 WIB
Diterbitkan 28 Mar 2019, 10:03 WIB
Yusron Fahmi/Liputan6.com
Dua seniman Indonesia Agus Suwage dan Eddie Hara (kiri) saat ditemui di ajang Art Basel Hong Kong.

Liputan6.com, Jakarta - Sejumlah seniman Indonesia ambil bagian di ajang pentas seni Art Basel Hong Kong 2019. Dua nama di antaranya adalah Agus Suwage dan Eddie Hara yang bergabung di galeri Nadi.

Art Basel Hong Kong merupakan ajang tahunan yang rutin digelar di Hong Kong Convention and Exhibition Centre. Art Basel Hong Kong memasuki tahun ketujuh di 2019 ini.

Mendatangi Art Basel, kita akan disodori beragam instalasi  seni karya seniman-seniman kenamaan dunia. Setidaknya 242 galeri dari 36 negara ambil bagian di ajang ini.

Eddie Hara menyatakan, cukup membanggakan bisa tampil di even semacam Art Basel. Menurutnya tampil di ajang ini merupakan apresiasi tersendiri terhadap eksistensi dirinya sebagai seniman.

"Saya memang selalu ikut ajang ini. Selalu saja menarik, ini ajang berkumpulnya para seniman dunia,"  ujarnya saat ditemui di sela-sela opening Art Basel Hong Kong di Hong Kong Convention and Exhibition Centre, Rabu (28/3/2019). 

Untuk tahun ini, Eddie mengaku menyiapkan 15 karya yang ditampilkan di ajang ini. Salah satunya mengusung tema Komik Modern. " Saya menyiapkan materi untuk pameran ini sejak November tahun lalu," jelasnya.

Karya seniman Indonesia di Art Basel.

Pemilik nama Haradityo Hadi ini menambahkan, seniman-seniman Indonesia tak kalah dibanding seniman mancanegara. Karya seniman Indonesia mempunyai segmen dan pasar tersendiri di kalangan pecinta seni dunia. Hal itu, kata Eddie, dibuktikan dengan terjualnya sejumlah lukisan karyanya oleh pecinta seni mancanegara.

"Biasanya beberapa yang kita pamerkan ini akan terjual. Pembelinya beragam, bisa dari orang Eropa atau Asia," jelasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Skala Dunia

Yusron Fahmi/Liputan6.com
Art Basel menyajikan beragam seni kelas dunia.

Kebanggaan serupa disampaikan seniman Indonesia Agus Suwage. Dia mengaku senang bisa mendapat promosi gratis dengan ikut Art Basel Hong Kong ini.

"Saya mengirim lima karya lukisan tahun ini, rata-rata bertema binatang," ujar Agus di tempat yang sama.

Agus mengaku dirinya mempersiapkan ajang ini sejak enam bulan lalu. "Saya selalu ikut ajang. Tidak persiapan khusus karena kita sudah terbiasa," jelasnya.

Agus berharap ke depannya akan semakin banyak seniman Indonesia yang bisa mentas di ajang seni dunia seperti Art Basel.   

 

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya