Kondisi Membaik, Buya Syafii Maarif Tinggalkan Rumah Sakit

Buya Syafii Maarif menjalani perawatan sejak Rabu (24/7/2019) karena penyakit batu ginjal.

oleh Harley Ikhsan diperbarui 29 Jul 2019, 23:46 WIB
Diterbitkan 29 Jul 2019, 23:46 WIB
20160418-Simposium-Nasional-Jakarta-Faizal-Fanani
Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Yogyakarta - Mantan Ketum PP Muhammadiyah Buya Syafii Maarif diizinkan meninggalkan Rumah Sakit PKU Muhammadiyah Gamping, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (29/7/2019). Sebelumnya dia menjalani perawatan sejak Rabu (24/7/2019) karena penyakit batu ginjal.

"Betul (sudah keluar dari RS), Alhamdulillah," kata asisten Buya Syafii Maarif, Erik Tauvani saat dihubungi Antara di Yogyakarta.

Menurut Erik, Buya Syafii telah diperbolehkan pulang ke kediamannya sejak pukul 09.30 WIB. Meski masih diminta banyak beristirahat, kondisi anggota Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) dinyatakan telah berangsur membaik.

"Buya sudah diperbolehkan pulang dari PKU Muhammadiyah Gamping sejak tadi pagi sekitar pukul 09.30 WIB," kata Erik.

Sebelumnya, dokter spesialis urologi RS PKU Muhammadiyah Gamping yang merawat Buya Syafii Maarif, Prahara Yuri memastikan kondisi kesehatan pasien sudah membaik dan bisa beraktivitas seperti biasa.

"Sakitnya, keluhan Buya masuk rumah sakit karena kencing berdarah. Kemungkinan disebabkan ada iritasi batu ginjal sebelah kanan," kata Yuri.

Menurut Yuri, tim dokter telah melakukan terapi Extracorporeal Shock-Wave Lithotripsy (ESWL) atau pemecahan batu dengan gelombang kejut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini


Utusan Jokowi

Buya Syafii Maarif
Buya Syafii Maarif.

Karena mengkhawatirkan kondisi kesehatan Buya Syafii, Presiden Joko Widoso pada Sabtu (27/7/2019), mengirim tim dokter kepresidenan untuk ikut memantau Tokoh Muhammadiyah yang telah berusia 84 tahun itu.

Presiden juga menugaskan Menteri Sekretaris Negara Pratikno dan Koordinator Staf Khusus Presiden, Teten Masduki, untuk menjenguk Buya Syafii.

Sejumlah tokoh lain yang ikut menjenguk Buya Syafii yakni Mantan Ketua MK Mahfud MD, putri Gus Dur Alissa Wahid, istri Gubernur DIY GKR Hemas, Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, serta Mendikbud Muhadjir Effendy.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya