Puncak Bogor Mendung, Ini Kondisi Katulampa Pagi Ini

Dia mengungkapkan, cuaca di Bogor tidak begitu mempengaruhi kondisi volume air di Katulampa.

oleh Muhammad Ali diperbarui 02 Jan 2020, 08:06 WIB
Diterbitkan 02 Jan 2020, 08:06 WIB
Pantauan titik banjir Jakarta dari udara yang dilakukan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri PUPR Basuki
Pantauan titik banjir Jakarta dari udara yang dilakukan Kepala BNPB Letjen TNI Doni Monardo, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, dan Menteri PUPR Basuki. (Foto: BNPB)

Liputan6.com, Jakarta - Bendung Katulampa Bogor, Jawa Barat, menjadi titik awal air yang mengalir ke bantaran sungai Ciliwung. Jika di Katulampa melimpah, air akan mengalir ke wilayah Jakarta.

Lantas bagaimana kondisi Katulampa pada pagi ini?

Menurut Koordinator Sub Unit Pelayanan Ciliwung Katulampa, Andi Sudirman, saat ini kondisi volume air di Katumlampa berada pada angka 40. Ini berarti akan memasuki batasan normal.

"Katulampa, ada di angka 40. Cuaca mendung. Angka 40 berartimulai memasuki angka normal. mudah-mudahan tidak memasuki level hijau atau biru," ujar Andi Sudirman saat dihubungi Liputan6.com, Jakarta, Kamis (2/1/2020).

Dia mengungkapkan, cuaca di Bogor tidak begitu mempengaruhi kondisi volume air di Katulampa. Yang berpengaruh merupakan cuaca di puncak Bogor.

"Harapannya cuaca di puncak (tidak hujan). Kalau cuaca di Bogor tak begitu pengaruh, itu di depok. Yang dimonitor cuaca di puncak, seperti Cisarua,. Megamendung. Itu daertah yang mempengaruhi indikator tinggi muka air di Katulampa. itu yang kita awasi," terang dia.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:


Pantau Kondisi Puncak

Saat ini, kata dia, tim yang berada di titik-titik tersebut terus memantau kondisinya. Mereka akan melaporkan jika ada hal-hal darurat.

"Tim di puncak memberi informasi hanya mendung aja. Ada tim, di lingkar wilayah yang stand by di daerah Ta'awun, Taman Safari, kawawsan Cipayung. Mereka akan beri informasi tingkat siaga hujan," terang dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya