RSPI Sulianti Saroso Penuh, Pasien Suspect Corona Dipindah ke RS Rujukan Lain

Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, mengatakan saat ini beberapa pasien dalam pemantauan terkait virus Corona dipindahkan ke beberapa rumah sakit rujukan lainnya.

oleh Nila Chrisna Yulika diperbarui 05 Mar 2020, 10:52 WIB
Diterbitkan 05 Mar 2020, 10:52 WIB
Kedatangan Pasien Positif Corona, Begini Suasana RSPI Sulianti Saroso
Pengunjung mengenakan masker menunggu transportasi di halte depan RSPI Prof. DR. Sulianti Saroso, Jakarta, Senin (2/3/2020). Pegawai dan pengunjung mengenakan masker sebagai pencegahan penularan pasca dua pasien positif terinfeksi Corona dirawat di rumah sakit tersebut.(merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Liputan6.com, Jakarta - Direktur Utama RSPI Sulianti Saroso, Mohammad Syahril, mengatakan saat ini pasien dalam pemantauan terkait virus Corona dipindahkan ke rumah sakit rujukan lainnya. Sebab, kata dia, saat ini RSPI sudah penuh.

"Sekarang pasien bertambah, dan DKI sudah punya 8 RS rujukan. Jadi pasien sudah kita alihkan ke RS lain," kata Syahril di Jakarta, Kamis (5/3/2020).

Beberapa rumah sakit rujukan lainnya adalah RS Persahabatan, RSUD Gatot Soebroto, RSUD Pasar Minggu, RSUD Cengkareng, RSAL Mintohardjo, RS Polri Sukanto, dan RS Fatmawati.

"Jangan kesannya rumah sakit ini menolak pasien, tapi karena RS ini penuh," kata dia.

Namun, kata dia, jika ada satu pasien yang sudah keluar, maka RSPI Sulianti Saroso bisa menerima pasien baru.

Saat ini ada 9 pasien yang tengah dipantau terkait virus Corona. Mereka adalah orang yang kontak dengan pasien yang positif terinfeksi vitus Corona.

"Kemarin pasien ada 9 dan siang hari masuk 1, tadi malam masuk 1, semua close contact, kemudian ada pulang 1, karena dinyatakan sembuh. Lalu ada satu pindah ke ruangan, tidak perlu diisolasi. Jadi hari ini jumlahnya 9," kata Syahril.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video di bawah ini:


Terus Dipantau

Namun, kata dia, ada satu pasien yang saat ini kondisinya kurang baik. Pasien berusia 65 tahun itu sudah dirawat di RS swasta selama satu minggu sebelum akhirnya dirujuk ke RSPI Sulianti Suroso.

"Tetapi dari 8 yang ada semua stabil," kata dia.

Kesembilan pasien ini, kata Syahril, terus dilakukan pemantauan dan akan diperiksa terkait Corona pada hari kelima. Pemeriksaan Corona, kata dia, akan dilakukan dua kali. Jika hasilnya negatif, kata dia, pasien akan segera dipulangkan.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya