Terapkan PSBB Corona di Stasiun dan KRL, PT KCI Terjunkan 4.000 Petugas dan Marinir

PT KCI mengajak kerja sama Pemda untuk mengontrol dan mengawasi mobilisasi masyarakat saat PSBB corona diterapkan.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Apr 2020, 08:23 WIB
Diterbitkan 13 Apr 2020, 08:23 WIB
Ada Pergantian Wesel, KRL Beroperasi Hanya Sampai Stasiun Manggarai
Kereta commuter line melintas di Stasiun Manggarai, Jakarta, Kamis (13/2/2020). PT KCI melakukan rekayasa perjalanan KRL Bogor dan Bekasi terkait penggantian wesel atau persimpangan rel di stasiun Gambir dan Jakarta Kota. (merdeka.com/Magang/Muhammad Fayyadh)

Liputan6.com, Jakarta Vice President Corporate Communications PT Kereta Commuter Indonesia (KCI) Anne Purba mengatakan, pihaknya telah mengaplikasikan aturan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) terkait virus corona Covid-19 di stasiun dan rangkaian kereta rel listrik (KRL).

Hal tersebut tidak hanya diterapkan di wilayah operasional Jakarta, namun juga di kabupaten/kota penyanggah seperti Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi atau Bodetabek.

"Kita ikuti aturan berlaku, sebagai operator kami menjalankan sesuai instruksi PSBB yang dibuat," tulis Anne lewat pesan singkat diterima Liputan6.com, Senin (13/4/2020).

Implementasinya, lanjut Anne, PT KCI menerjunkan lebih dari 4.000 personel di 80 stasiun. Tidak hanya itu, pihaknya juga melibatkan anggota marinir TNI AL untuk membantu menjalankan aturan PSBB ini.

"KCI sebagai operator transportasi yang pasti sudah mengupayakan menurunkan 4.000 lebih petugas di 80 stasiun dengan bantuan marinir," jelas dia.

Namun Anne mengamini bila PSBB corona khususnya hari ini belum dapat diterapkan maksimal. Hal itu terbukti dari unggahan situasi di beberapa stasiun KRL, Bogor dan Depok, yang dikeluhkan konsumen.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:


Kerja Sama Pemda

Situasi di Stasiun Depok, Senin 13 April 2020 pagi hari. (Foto: akun twitter @yuniatika)
Situasi di Stasiun Depok, Senin 13 April 2020 pagi hari. (Foto: akun twitter @yuniatika)

Anne pun berjanji pihaknya akan terus mengevaluasi jalannya PSBB di stasiun dan rangkaian KRL dalam ragka mencegah meluasnya penyebaran virus corona. Dia juga meminta Pemda ikut mengawasi penerapan PSBB.

"Kita lihat sendiri masih banyak masyarakat yang hendak bekerja. Kita berharap pembuatan PSBB juga dibarengi dengan kontrol dan pengawasan Pemda terhadap implementasi PSBB ini terutama mobilisasi masyarakatnya," Anne memungkasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya