Menag: Sikap Radikal di ASN Muncul karena Mendapat Perlakuan Tidak Adil

Menag juga mengingatkan agar pentingnya melakukan pehamanan bersama soal moderasi beragama.

oleh Liputan6.com diperbarui 03 Sep 2020, 11:13 WIB
Diterbitkan 03 Sep 2020, 11:13 WIB
Menag Fachrul Razi Buka Lomba Dakwah dan Cerdas Tangkas
embuka Lomba Dakwah Haji dan Lomba Cerdas Tangkas Haji dan Umrah di Pondok Pesantren Darunnajah Jakarta. Sabtu (7/3/2020). (Foto:Liputan6/Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Agama Fachrul Razi mengatakan munculnya radikalisme di lingkungan Aparatur Sipil Negara (ASN) karena adanya ketimpangan dan keadilan. Sebab itu Fachrul menjelaskan membangun tata kelola pemerintah yang baik jadi bentuk untuk menangkal radikalisme.

"Sikap radikal itu dapat muncul oleh karena mendapatkan perlakukan yang tidak adil. Atau mendapat ancaman, dan ada kipasan kebencian, maka jadilah radikal. Oleh karena itu, menjadi kewajiban kita juga, membangun tata kelola pemerintahan yang baik, good governance," kata Menag Fachrul dalam keterangan pers, Kamis (3/9/2020).

Dia juga mengingatkan agar pentingnya melakukan pehamanan bersama soal moderasi beragama. Salah satunya yaitu para pimpinan lembaga secara berjenjang, agar terus mengingatkan jajarannya tentang moderasi beragama.

"Ingat, yang dimoderatkan adalah cara kita beragama, bukan agamanya. Kita harus bersikap moderat dalam bersosialisasi dengan orang lain dengan agama yang berbeda atau dalam satu agama tapi memiliki pandangan berbeda," ungkap Menag Fachrul.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Seleksi Ketat

Selanjutnya, dalam menangani radikalisme di tubuh ASN, Fachrul mengingatkan perlunya seleksi ketat calon ASN. Serta memperhatikan pengelolaan rumah ibadah instansi.

"Saya kira, pengurus rumah ibadah ya ASN yang ada di lembaga tersebut," ungkap Fachrul.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya