Komisi VIII DPR Minta Ada Vaksinasi Khusus Calon Jemaah Haji

Yandri ingin vaksinasi calon jamaah berbeda dengan vaksinasi masyarakat yang bukan jemaah haji, ia mencontohkan vaksin khusus seperti vaksinasi lansia.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 15 Mar 2021, 20:10 WIB
Diterbitkan 15 Mar 2021, 20:10 WIB
Istora Senayan Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19
Petugas menyuntik vaksin Covid-19 kepada lansia saat kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 bagi lansia untuk mendorong percepatan program vaksinasi nasional demi mencapai target satu juta vaksin per bulan. (Liputan6.com/Faizal Fanan

Liputan6.com, Jakarta Ketua Komisi VIII DPR RI Yandri Susanto meminta  pemerintah membuat program vaksinasi Covid-19 khusus calon jemaah haji.

Yandri ingin vaksinasi calon jamaah berbeda dengan vaksinasi masyarakat yang bukan jemaah haji, ia mencontohkan vaksin khusus seperti vaksinasi lansia.

"Saya ingatkan dulu ke Kemenkes. Apa mungkin seluruh calon jemaah haji yang sudah lunas, secara khusus berbeda perlakuan dengan target nasional, seperti kelompok lanjut usia dan kelompok rentan tadi. Artinya khusus,” kata Yandri  dalam rapat Komisi VIII, Senin (15/3/2021).

Permintaan khusus itu, kata Yandri, mengingat waktu haji yang tidak bisa diubah atau tidak bisa maju mapun mundur. Oleh karena itu ia meminta ada dispensasi atau perlakuan khusus. 

“Karena haji ini punya waktu khusus dan tidak bisa dimajukan. Apa mungkin ada perlakuan khusus vaksin ini pada calon jemaah haji, secara serentak atau targetnya berbeda dengan target nasional,” ujar dia.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan Video Pilihan Berikut ini:


SKB Menteri

Istora Senayan Jadi Pusat Vaksinasi COVID-19
Petugas mengecek kesehatan lansia saat menghadiri kegiatan Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 di Istora Senayan, Jakarta, Senin (15/3/2021). Sentra Vaksinasi Bersama COVID-19 bagi lansia ini berlangsung pada 8 Maret hingga 10 Mei 2021. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Nantinya, Komisi VIII menyarankan ada Keputusan Resmi Menteri Agama dan Menteri Kesehatan untuk vaksinasi calon jamaah haji. 

"Ada pencanangan atau MoU atau surat keputusan bersama antara Menteri Agama dan Menteri Kesehatan untuk vaksinasi khusus calon jemaah haji akan berangkat," tandas dia.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya