Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia di Bekasi, Petugas Lakukan Jemput Bola

Salah satu lansia, Tiarni (62), mengaku senang dan lega sudah disuntik vaksin Covid-19. Dia mengaku awalnya sempat ragu.

oleh Bam Sinulingga diperbarui 04 Jun 2021, 20:19 WIB
Diterbitkan 04 Jun 2021, 20:10 WIB
Lansia di Perumahan Graha Mustika, Lubang Buaya, Setu, Kabupaten Bekasi, mengikuti vaksinasi Covid-19 usai petugas melakukan jemput bola.
Lansia di Perumahan Graha Mustika, Lubang Buaya, Setu, Kabupaten Bekasi, mengikuti vaksinasi Covid-19 usai petugas melakukan jemput bola. (Foto: Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Banyaknya warga lanjut usia (lansia) yang masih belum menerima vaksin Covid-19 di Kabupaten Bekasi, Jawa Barat, membuat petugas gencar melakukan jemput bola. Salah satunya di Perumahan Graha Mustika, Lubang Buaya, Setu, Kabupaten Bekasi.

Ratusan lansia di perumahan tersebut diketahui belum menerima vaksin Covid-19. Karenanya, petugas yang terdiri dari unsur tiga pilar bersama tenaga medis, menyambangi satu per satu kediaman para lansia dengan menggunakan swabber mobile.

"Kegiatan vaksin kepada para lansia dalam rangka bakti kesehatan Bhayangkara yang dilakukan di kampung tangguh Desa Lubang Buaya," ujar Kapolsek Setu, AKP Mukmin, Jumat (4/6/2021).

Menurut dia, banyak faktor yang membuat lansia enggan mengunjungi tempat vaksinasi Covid-19. Dengan adanya upaya jemput bola dan arahan petugas, para lansia diyakini akan lebih tergerak untuk divaksin.

"Para lansia cukup antusias mengikuti vaksin hari ini. Kami menargetkan seratus lansia dengan harapan dapat memutus mata rantai wabah Covid-19," ujar Mukmin.

Ia pun menyerukan kepada para petugas untuk gencar menjemput bola bagi kaum lansia, agar program vaksinasi di Kabupaten Bekasi bisa berjalan dengan lancar. Masyarakat juga diimbau agar tidak takut mengikuti vaksinasi yang berguna bagi kekebalan tubuh.

"Setelah divaksin Covid-19, tetap harus mematuhi protokol kesehatan," imbuh Mukmin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

Saksikan video pilihan di bawah ini:


Warga Lansia Lega Divaksin

Vaksinasi Covid-19 Nakes Lansia Tahap Pertama
Petugas medis menunjukkan jarum suntik dan vaksin Covid-19 di Puskesmas Cengkareng, Jakarta Barat, Selasa (9/2/2021). Kementerian Kesehatan memulai vaksinasi Sinovac untuk tenaga kesehatan di atas 60 tahun setelah BPOM mengeluarkan izin penggunaan vaksin untuk lansia. (Liputan6.com/Fery Pradolo)

Salah satu lansia, Tiarni Harahap (62), mengaku senang dan lega sudah disuntik vaksin Covid-19, meski awalnya sempat ragu.

"Awalnya sempat takut untuk divaksin. Tapi setelah divaksin malah tidak ada rasa apa apa, dan kondisi tubuhnya lebih kuat ke depannya," kata Tiarni.

Ia berharap, vaksin ini dapat membuatnya memiliki kekebalan terhadap virus Covid-19. Terlebih di usia senjanya tersebut, Tiarni ingin menjalani hidup tanpa khawatir ancaman virus Corona.

Sementara Kepala Desa Lubang Buaya, Maulana Yusuf menyambut baik tindakan para petugas vaksinasi yang mau menjemput bola untuk para lansia di wilayahnya.

"Kita tahu bawah wabah Covid-19 sangat rentan dengan para usia lanjut. Dengan vaksin yang dilakukan tiga pilar, minimal dapat memperkuat imun para lansia hingga wabah Covid tidak bisa menyerang," paparnya.

Maulana berharap kegiatan ini bisa dilakukan merata di seluruh desa, khususnya yang ada di Kecamatan Setu, agar wabah Corona di Kabupaten Bekasi bisa secepatnya diakhiri.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya