Profil Dede Yusuf, Aktor Senior yang Kini Jadi Anggota DPR

Dede Yusuf, seorang anggota legislatif dengan latar belakang aktor laga di dunia hiburan.

oleh Liputan6.com diperbarui 01 Okt 2021, 23:59 WIB
Diterbitkan 01 Okt 2021, 23:59 WIB
Dede Yusuf Macan Effendi
Komisi IX Tegaskan BPOM Agar Tarik Obat yang Mengandung Babi

Liputan6.com, Jakarta - Dede Yusuf Macan Effendi, atau yang dikenal dengan nama Dede Yusuf adalah Ketua Komisi IX DPR RI periode 2014–2019. Sebelumnya ia menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat pada 2008 hingga 2013.

Ia dikenal sebagai aktor laga senior sekaligus sutradara. Kini, aktor yang berusia 55 tahun ini telah membanting stir menjadi seorang politisi.

Lantas, siapakah Dede Yusuf? Dihimpun dari berbagai sumber, berikut profilnya.

Karier Dede Yusuf saat menggeluti dunia akting, berawal ketika menjadi pemeran pembantu dalam film Catatan Si Boy pada tahun 1986. Kala itu ia berhasil membintangi beberapa film dan serial televisi yang melambungkan namanya yakni, Jendela Rumah Kita yang tayang di tahun 1989 hingga 1992 di stasiun televisi TVRI.

Selain menjadi aktor, Dede juga pernah menjadi pemandu kuis Tak Tik Boom, program acara ini pun berhasil menduduki rating teratas selama enam tahun. Sebab itulah, Dede mendapat tawaran untuk memandu beberapa program televisi populer, salah satunya adalah Rumahku yang tayang di tahun 2006.

 

 

* Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Terjun Ke Dunia Politik

[Fimela] Artis Politik -Dede Yusuf
(Instagram/ddyusuf66)

Pria kelahiran 14 September 1966 ini memang telah memiliki pengalaman organisasi yang mengajarkan kepemimpinan, salah satunya adalah ketika ia menjadi Ketua Umum PARFI (Persatuan Artis Film Indonesia). Setelah memiliki bekal untuk terjun ke dunia politik, ia kemudian mendaftarkan diri sebagai calon anggota legislatif DPR RI dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Kala itu Dede berhasil terpilih menjadi anggota legislatif pada masa jabatan 2004 hingga 2009. Saat itu ia menduduki Komisi VII bidang Energi, Lingkungan Hidup, Minyak dan Gas, dan Ristek. Kemudian, Dede melanjutkan perjalanan politiknya dengan menjabat sebagai Wakil Gubernur Jawa Barat pada periode 2008-2013 bersama Ahmad Heryawan.

Setelah masa jabatan sebagai Wakil Gubernur habis, pada tahun 2013 Dede pindah ke partai Demokrat. Ia kembali mencalonkan diri sebagai Gubernur Jawa Barat bersama Lex Laksamana, namun sayangnya mereka tidak terpilih.

Pada tahun 2014 saat pemilu legislatif, ia tidak patah semangat untuk mencalonkan diri lagi sebagai Calon Legislatif DPR RI untuk dapil Jawa Barat II yang meliputi wilayah Bandung dan Bandung Barat. Saat itu, Dede Yusuf berhasil lolos dan bertugas di Komisi IX untuk Tenaga Kerja & Transmigrasi, Kependudukan, Kesehatan pada periode 2014-2019.

 

Penulis: Vania Dinda Marella


Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi

Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi
Infografis Deret Panjang Anggota DPR & DPRD Terjerat Korupsi. (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya