Rayakan Hari HAM Sedunia, Polri Akan Gelar Lomba Orasi Unjuk Rasa

Pendaftaran lomba orasi unjuk rasa dimulai pada 25 November 2021 hingga 30 November 2021.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 24 Nov 2021, 14:26 WIB
Diterbitkan 24 Nov 2021, 14:26 WIB
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (tengah)
Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo (tengah) (Foto:Dokumentasi Humas Polri)

Liputan6.com, Jakarta - Divisi Humas Polri akan menggelar lomba orasi unjuk rasa Piala Kapolri 2021 pada 10 Desember 2021. Lomba tersebut dalam rangka peringatan Hari Hak Asasi Manusia (HAM) sedunia.

Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyampaikan, lomba orasi tersebut bertujuan untuk memberikan ruang kepada masyarakat dalam menyampaikan aspirasi dan ekspresi.

"Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat cara menyampaikan aspirasi sesuai dengan aturan dan hukum yang berlaku," tutur Dedi dalam keterangannya, Rabu (24/11/2021).

Dedi menyebut, peserta nantinya dibebaskan untuk menyampaikan orasi dalam bentuk kritik atau pun masukan yang membangun. Ini menjadi salah satu bentuk komitmen Polri dalam mendukung hak menyampaikan pendapat di muka umum.

"Polri selalu menghormati dan menghargai hak asasi manusia dalam bentuk mengawal demokrasi dengan melindungi warga negara yang menyampaikan pendapat di muka umum," jelas Dedi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Teknis Pelaksanaan Lomba

Adapun teknis pelaksanaan lomba orasi itu nantinya akan ada proses seleksi di tingkat Polda untuk disaring masuk hingga level Mabes Polri. Setelah melewati proses penyaringan di daerah, pada 10 Desember 2021 peserta terpilih akan tampil di tingkat pusat.

Seluruh elemen masyarakat dapat berpartisipasi dan mendaftar. Lomba orasi unjuk rasa terdiri dari satu tim dengan anggota lima sampai 15 orang.


Waktu Pendaftaran

Pendaftaran lomba orasi unjuk rasa dimulai pada 25 November 2021 hingga 30 November 2021.

Polri sendiri menyiapkan hadiah senilai Rp 50 juta untuk juara pertama, Rp 30 juta untuk juara kedua, dan Rp 20 juta bagi juara ketiga.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya