Wagub DKI: Jakarta Akan Baik-Baik Saja Tak Lagi Jadi Ibu Kota Negara

Riza mengatakan walaupun Ibu Kota pindah, pihaknya tetap melaksanakan program yang sudah direncanakan seperti sebelumnya. Bahkan akan dilakukan dengan cepat, dan lebih besar.

oleh Liputan6.com diperbarui 04 Feb 2022, 15:49 WIB
Diterbitkan 04 Feb 2022, 15:49 WIB
Peningkatan Mobilitas Masyarakat di Jakarta
Sejumlah pekerja berjalan saat jam pulang kerja di Jalan Jenderal Sudirman, Jakarta, Rabu (3/11/2021). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta Pemerintah saat ini tegah mempercepat pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) di Kalimantan Timur. Banyak pertanyaan muncul ketika DKI Jakarta harus melepas statusnya usai DPR mengesahkan Rancangan Undang-Undang Ibu Kota Negara (RUU IKN) menjadi undang-undang.

Wakil Gubernur DKI Jakarta Ahmad Riza Patria menegaskan Jakarta akan baik-baik saja. Terlebih dia optimis Jakarta akan menjadi kota besar yang menjadi  pusat ekonomi dan bisnis dunia.

"Kami tegaskan Jakarta akan baik-baik saja. Bahkan lebih baik. Setelah tidak lagi menjadi Ibu Kota. Jakarta akan jadi kota besar pusat ekonomi dan bisnis dunia," katanya dalam siaran virtual, Jumat (4/2/2022).

Dia mengatakan walaupun Ibu Kota pindah, pihaknya tetap melaksanakan program yang sudah direncanakan seperti sebelumnya. Bahkan akan dilakukan dengan cepat, dan lebih besar.  

"Program pembangunan tidak ada yang dikurangi dan akan terus berjalan selayaknya Jakarta masih berstatus Daerah Khusus Ibukota," bebernya.

Dia menjelaskan pembangunan akan terus berlangsung. Karena beban perekonomian di Jakarta masih sangat besar. Bahkan kata dia, Jakarta merupakan urat nadi perekonomian Indonesia, hingga hari ini.

"Di sisi lain pada dasarnya mendukung kebijakan pemindahan Ibu Kota ini. Kami memandang pemindahan ibu kota menuju nusantara adalah niat yang baik dari pemerintah pusat, yang harus kita apresiasi dan harus kita support," ungkapnya.

 


Harapan untuk IKN Nusantara

Mengintip Sarana Transportasi di Ibu Kota Baru RI
Kemenhub merumuskan rencana induk (masterplan) interkoneksi seluruh jalur transportasi ibu kota negara (IKN) di Kaltim. (Liputan6.com/Abelda Gunawan)

Riza berharap ke depan, Indonesia memiliki ibu kota yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Seperti yang direncanakan yaitu di Kalimantan Timur dengan nama Nusantara.

"Kami juga di Jakarta ingin memastikan bahwa Jakarta akan terus melakukan program pembangunan menjadi kota terkemuka di Indonesia, seperti kota-kota besar di dunia. Harapan kota Jakarta harus berkembang jadi kota besar secara global pasca menjadi ibu kota," bebernya.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kata Riza juga pernah menyinggung bahwa setelah pemindahan Ibu Kota, Jakarta akan menjelma seperti kota Metropolitan.

Dia mencontohkan seperti di Amerika Serikat. "Jadi Jakarta akan jadi kota besar pusat ekonomi dan bisnis dunia," pungkasnya. 

 

Reporter: Intan Umbari Prihatin 

Sumber: Merdeka.com

Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya