Anies Baswedan Anggarkan Rp5 Triliun untuk Bantuan Sosial

Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menganggarkan Rp5 triliun per tahun untuk bantuan sosial bagi warganya.

oleh Yopi Makdori diperbarui 12 Feb 2022, 20:09 WIB
Diterbitkan 12 Feb 2022, 19:36 WIB
Anies Baswedan
Gubernur DKI Anies Baswedan (Liputan6.com/Nabila)

Liputan6.com, Jakarta - Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, menganggarkan Rp5 triliun per tahun untuk bantuan sosial bagi warganya. Dana sebesar itu disiapkan untuk meredistribusi pendapatan di tengah warga Ibu Kota yang menurutnya masih belum merata.

"Di Jakarta alokasi untuk redistribusi ini nilainya Rp5 triliun. Untuk apa? Untuk membantu mereka yang di dalam perekonomian tadi belum dapat porsi yang cukup, sehingga mereka tidak bisa hidup dengan layak. Itulah kemudian muncul program-program," tutur Anies Baswedan lewat sebuah video di kanal Youtube pribadinya, Sabtu (12/2/2022).

Anies mengakui bahwa sistem perekonomian saat ini belum bisa membuat semua orang merasakan standar hidup dengan layak. Untuk membuat mereka berada dalam standar hidup pantas, maka intervensi pemerintah amat dibutuhkan lewat jalan redistribusi pendapatan tersebut.

"Redistribusi ini yang biasa kita sebut dengan subsidi-subsidi. Jika perekonomian kita nanti sudah tumbuh berkembang sedemikian rupa, sehingga menghasilkan distribusi yang adil, yang bisa membuat semua orang yang ada di perekonomian itu bisa hidup layak. Ya sudah tidak perlu lagi redistribusi," kata Anies.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dorong Perekonomian Berkeadilan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. (Liputan6.com/Ika Defianti)

Untuk itu, Anies berkomitmen untuk terus mendorong perekonomian berkeadilan. Di mana mereka yang terlibat dalam perekonomian bisa hidup dengan layak.

"Jadi dengan adanya komitmen kita untuk memberikan alokasi bantuan sosial Rp5 triliun per tahun, itu angka yang cukup besar. Dan barangkali dibandingkan dengan semua wilayah ini termasuk yang paling besar," paparnya.


Infografis

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya