4 Fakta Terkait Rencana Jokowi dan 20 Pembalap MotoGP Parade di Jakarta

20 pembalap MotoGP bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi direncanakan bakal melakukan parade pada Rabu 16 Maret 2022 di jalanan Jakarta.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 12 Mar 2022, 18:30 WIB
Diterbitkan 12 Mar 2022, 18:30 WIB
Foto: Start Paling Depan, Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1
Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkesempatan untuk mencoba aspal Sirkuit Mandalika sebelum digelar hajatan World SuperBike. (Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

Liputan6.com, Jakarta - 20 pembalap MotoGP bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi bakal parade di sejumlah jalan di Jakarta pada Rabu 16 Maret 2022.

Mereka akan berparade sebelum bertolak ke Lombok untuk menjalani balapan seri kedua dalam kalender MotoGP akhir pekan depan.

Seperti diketahui, Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat akan menjadi tuan rumah Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret 2022 mendatang.

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan pun mengaku pihaknya siap untuk mengawal parade tersebut.

"Yang jelas PMJ (Polda Metro Jaya) siap amankan kegiatan yang jadi prioritas pemerintah untuk dongkrak sektor wisata kita," ujar Zulpan di Jakarta, Jumat 11 Maret 2022.

Sementara itu, menurut Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo, pihaknya belum bisa memastikan bakal ada penutupan jalan atau tidak di kawasan Monas dan Jalan Sudirman-Thamrin, lokasi parade MotoGP tersebut.

Sambodo mengatakan, polisi belum menerima detail skenario parade MotoGP yang dimaksud.

Berikut 4 fakta terkait rencana 20 pembalap MotoGP bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi akan melakukan parade di jalanan Jakarta dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Parade Dilakukan Sebelum Bertolak ke Lombok

Foto: Start Paling Depan, Presiden Jokowi Jajal Sirkuit Mandalika Naik Motor RI 1
Jokowi, yang menumpangi sepeda motor berwarna hijau 'RI 1', terlihat melaju pertama kali dari garis start diikuti peserta lainnya. (Istana Kepresidenan/Agus Suparto)

20 pembalap berbagai kelas akan berparade di Jakarta, Rabu pekan depan 16 Maret 2022. Mereka akan berparade sebelum bertolak ke Lombok untuk menjalani balapan seri kedua dalam kalender MotoGP akhir pekan depan.

Sirkuit Pertamina Mandalika, Nusa Tenggara Barat, akan menjadi tuan rumah Grand Prix of Indonesia pada 18-20 Maret setelah ajang balap sepeda motor paling bergengsi di dunia itu absen selama 25 tahun di Indonesia, melansir Antara.

 


2. Polisi Pastikan Siap Kawal

Tangkapan layar Menko Luhut terlihat sibuk menelepon saat Presiden Jokowi berpidato
Tangkapan layar Menko Luhut terlihat sibuk menelepon saat Presiden Jokowi berpidato. (Foto: tangkapan layar kanal Youtube Sekretariat Presiden)

Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan mengaku pihaknya siap untuk mengawal parade 20 pembalap MotoGP bersama Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Yang jelas PMJ (Polda Metro Jaya) siap amankan kegiatan yang jadi prioritas pemerintah untuk dongkrak sektor wisata kita," kata Zulpan di Jakarta, Jumat 11 Maret 2022.

Namun, Zulpan belum bisa menyampaikan rute iring-iringan parade Jokowi dan para pembalap MotoGP tersebut. Sebab, hal tersebut demi keamanan dan kelancaran parade itu sendiri.

Tapi, kata Zulpan, yang jelas pihaknya bakal mengawal parade itu, di mana pengamanan untuk ring 1 akan dijagah oleh Paspampres dan ring 2 oleh anggota kepolisian.

Untuk jumlah anggota yang diterjunkan, Zulpan juga belum bisa membeberkan secara pasti mengenai hal tersebut.

"Belum bisa disampaikan kalau kegiatan VVIP gak bisa disampaikan terbuka karena pengamanan kita ring 1 Paspampres," tutup Zulpan.

 


3. Polisi Belum Pastikan soal Penutupan Jalan

Ganjil Genap Gantikan Penyekatan di Jakarta
Sejumlah kendaraan melintas di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Rabu (11/8/2021). Mulai 12 Agustus 2021, Polda Metro Jaya bakal kembali menerapkan aturan ganjil genap di sejumlah ruas jalan Ibu Kota dan meniadakan kebijakan penyekatan yang diterapkan selama PPKM Level 4. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Sambodo Purnomo Yogo belum bisa memastikan bakal ada penutupan jalan atau tidak di kawasan Monas dan Jalan Sudirman-Thamrin, lokasi parade tersebut.

Menurut dia, polisi belum menerima detail skenario parade MotoGP yang dimaksud.

"Kita nanti akan lihat detailnya seperti apa, termasuk apakah perlu ada penutupan arus atau sebagainya," kata Sambodo di Jakarta, Sabtu (12/3/2022).

 


4. Pastikan Segera Infokan Detail Acara Parade

Waspada Cuaca Ekstrem di Jabodetabek Hingga April 2022
Pengendara sepeda motor melintas saat hujan disertai angin kencang terjadi di Jalan Raya Casablanca, Jakarta Selatan, Selasa (8/3/2022). Cuaca ekstrem disebabkan oleh adanya dinamika atmosfer di Samudera Hindia wilayah Sumatera hingga Selatan Bali. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sambodo mengatakan, polisi siap untuk mengamankan acara tersebut agar aman dan lancar.

"Jadi pada intinya kami dari Polda Metro Jaya tentu khususnya Ditlantas Polda Metro Jaya kita akan siap untuk mengamankan kegiatan event besar tersebut untuk mendukung pelaksanaan MotoGP di Mandalika yang akan dilaksanakan pada Maret 2022 ini," kata dia.

Mengenai detail acara itu, Sambodo menjamin bakal menginformasikan sesegera mungkin kepada publik jika sudah didapat.

"Nanti bagaimana detailnya, jam berapa, bagaimana, apakah ada jalan yang ditutup atau tidak nanti akan kita sampaikan ke media setelah mendapatkan penjelasan resmi secara detail dari panitia tentang pelaksanaan kegiatan tersebut," tandas Sambodo.


Jadwal MotoGP 2022

MotoGP
Infografis Jadwal MotoGP 2022. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya