Erick Thohir Tinjau Arus Mudik Lebaran, Sebut Wajar Jika Ada Kepadatan Kendaraan

Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pemantauan arus mudik di Tol Cikampek dari udara usai memberangkatkan para pemudik.

oleh Ika Defianti diperbarui 30 Apr 2022, 21:30 WIB
Diterbitkan 30 Apr 2022, 21:30 WIB
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir. (Liputan6.com/Fery Pradolo) 
Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI, Erick Thohir saat memberi keterangan pers pada peluncuran Pertamina Grand Prix of Indonesia di Jakarta, Rabu (9/2/2022). (Liputan6.com/Fery Pradolo) 

Liputan6.com, Jakarta Menteri BUMN Erick Thohir melakukan pemantauan arus mudik di Tol Cikampek dari udara usai memberangkatkan para pemudik.

Pemantauan itu dilakukan dari Cengkareng Heliport (CHP) menuju Cikampek. Kata dia, dalam pemantauan tersebut terjadi kemacetan di Tol Cikampek arah dari Jabodetabek.

"Pantauan udara, mudik sehat, mudik aman di sekitar Kawasan Cikopo dan Jababeka. Sudah mulai ada kemacetan ke arah Cikampek," kata Erick, Sabtu (30/4/2022).

Selain itu, dia juga menyempatkan untuk mendatangi posko KM 72 Cikopo Manifest. Erick memaklumi adanya kepadatan kendaraan oleh mereka yang hendak ke kampung halaman untuk merayakan Lebaran.

"Ini wajar, karena sudah dua tahun kita tidak mudik. Saya sangat mengapresiasi para petugas yang sudah berupaya maksimal menangani arus mudik," kata dia.

Selanjutnya Erick, melakukan peninjauan ke gebang tol (GT) Cikarang Utama. Lalu meninjau arus lalu lintas di KM 29 menggunakan bus kecil.

Sore harinya, Erick masih akan mengecek kondisi Stasiun Pasar Senen dan perkembangan arus mudik menggunakan kereta.

Sebelumnya, Kementerian Perhubungan (Kemenhub) memprediksi sekitar 85,5 juta orang akan melakukan perjalanan mudik Lebaran 2022. Jumlah tersebut didominasi oleh para pemudik dengan menggunakan kendaraan roda empat sebanyak 23 juta. Kemudian sepeda motor sebanyak 11 juta dan sisanya menggunakan transportasi umum.

Juru bicara Menteri Perhubungan, Adita Irawati menyatakan prediksi jumlah pemudik tersebut mengalami peningkatan sebesar 40 persen dibandingkan dengan mudik Lebaran 2019.

Lalu ada peningkatan 100 persen dengan Lebaran 2021. Dari jumlah tersebut 70 persen mobilitas pemudik yaitu di Pulau Jawa.

"Tujuan mudik utamanya memang itu Jawa Tengah kemudian Jawa Timur Jawa Barat non Bodebek dan DI Yogyakarta. Selanjutnya diikuti di daerah lain di luar Jawa. Kalau asal pemudik memang terbesar dari Jawa Timur bisa ke arah barat ke Jawa Tengah dan keluar pulau Jawa," kata Adita kepada Liputan6.com.

Untuk kawasan Jabodetabek kata dia, diperkirakan sebanyak 14 juta orang berpotensi melakukan perjalanan mudik Lebaran.

Mobilitasnya juga diperkirakan paling banyak menggunakan kendaraan roda empat dan sepeda motor.

 

 


Minta Pemudik Tak Beristirahat di Sembarang Tempat

Menteri Erick menyampaikan terjadi kemacetan sejak memasuki gerbang tol Cikopo. Menurutnya, kemacetan yang terjadi cukup terlihat jelas dari pantauan udara yang dilakukannya.

"Jadi kalau kita lihat, saya rasa kemacetannya sangat terlihat dan pasti lelah," ujar Menteri Erick kepada wartawan di Cikopo Purwakarta, Sabtu (30/4/2022).

Erick pun meminta kepada seluruh pemudik untuk tidak beristirahat di sembarang tempat saat mengalami kelelahan. Hal ini demi memastikan keselamatan bersama antar pengguna jalan.

Sebab, lanjut Erick, beristirahat di sembarang tempat dapat membahayakan keselamatan diri sendiri maupun pengguna jalan lainnya. Dia pun mengimbau pemudik untuk beristirahat di rest area maupun posko-posko mudik yang telah disediakan.

"Jadi tentu saya pesan kepada pemudik kalau capek berhenti di pos-pos yang disediakan atau rest area. Jangan sampai nanti tidak aman, dan para pemudik juga semua lain harus melakukan bersama. Karena ayo kita harus sayang keluarga," tutupnya.

 


Hati-Hati di Jalan

Erick Thohir berpesan kepada para pemudik agar berhati-hati. Ia pun mengutip salah satu judul lagu milik musisi tanah Air yaitu Tulus. Menurutnya, lagu tersebut sesuai dengan situasi mudik lebaran 2022.

“Perjalaaanan membawamu… Siapa yang bacanya pakai nada? Hebat nih @tulusm membuat lagu yang sesuai tema minggu ini: mudik. Ingat kata Tulus, hati-hati di jalan. Jangan lupa berdoa, taati protokol kesehatan, dan patuhi aturan lalu lintas bagi pengemudi,” tulis Erick Thohir di akun Instagram pribadinya @erickthohir, Sabtu (30/4/2022).

Sebelumnya, Erick Thohir memberangkatkan Mudik gratis BUMN pada Rabu (27/4/2022) di halaman Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta.

Erick Thohir mencatat, total peserta program Mudik Aman Mudik Sehat Bersama BUMN 2022 mencapai 12.450 orang. Adapun jumlah bus yang disediakan mencapai 249 unit.

Dalam pelepasan mudik gratis itu, Menteri Erick berpesan kepada para pemudik untuk saling menolong selama perjalanan dan rukun.

Tidak hanya itu, dia juga meminta secara langsung kepada para sopir bus untuk tidak mengemudi secara ugal-ugalan di jalan, baik jalan tol atau provinsi. Hal ini demi menjamin keselamatan pemudik, pengemudi, dan sesama pengguna jalan lainnya.

"Nggak usah ngebut, nggak usah motong-motong. Kasihan penumpang," ujar dia.

 


Diminta Tak Ngebut

Selain meminta pengemudi untuk tidak melakukan aksi kebut-kebutan, Menteri Erick juga meminta pengemudi untuk tak sungkan beristirahat di rest area terdekat apabila merasa mengantuk atau kelelahan. Hal ini untuk menghindari terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan.

"Kalau ngantuk (istirahat) ya. Kasih tahu, kalau capek ke penumpang," ujarnya.

Tak berhenti disitu, Erick Thohir juga melepas keberangkatan pemudik motor gratis dengan kapal laut dari Pelabuhan Tanjung Priok. Total ada 1.109 penumpang, dengan 470 orang diantaranya peserta mudik motor gratis.

Rincian lainnya, 416 orang peserta biasa dan 216 unit sepeda motor tujuan Semarang dan Surabaya. Kapal laut itu diberangkatkan pada pukul 13.30 WIB dari dermaga terminal penumpang pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya