Pinta Anies ke Massa Pendukung Capres 2024: Dorong dan Yakinkan Parpol di Daerah

Salah satu warga sempat bertanya langsung soal langkah Anies ke depan, mengingat warga serius mendukung Anies maju Pilpres 2024, dan butuh partai pendukung. Bagaimana respons Anies ?

oleh Winda Nelfira diperbarui 26 Agu 2022, 11:47 WIB
Diterbitkan 26 Agu 2022, 11:47 WIB
Ratusan Warga dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa Datangi Rumah Anies Baswedan.
Ratusan Warga dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa Datangi Rumah Anies Baswedan. (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta Ratusan Warga dari berbagai daerah di Pulau Jawa mendatangi kediaman Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan, Rabu 24 Agustus 2022 lalu. Kedatangan mereka salah satunya untuk memberikan dukungan sebagai calon presiden (capres) di Pemilu 2024. 

Solihin Nurodin, perwakilan warga yang datang ke kediaman Anies menyatakan salah satu warga sempat bertanya langsung soal langkah Anies ke depan, mengingat warga serius mendukung Anies maju Pilpres 2024, dan butuh partai pendukung.

"Ditanyakan bagaimana Pak kami ini sudah serius akan mendukung, tapi kami juga sadar bahwa yang bisa mencalonkan itu hanya partai kami menanyakan itu dan Pak Anies merespon dengan menegaskan bahwa betul bahwa yang punya ruang itu hanya partai," kata Solihin kepada Liputan6.com, Jumat (26/8/2022).

Solihin menyampaikan, menanggapi hal itu Anies meminta warga untuk ikut membantu meyakinkan partai politik (parpol) di daerah. Anies, kata Solihin ingin agar warga turut menjelaskan apabila mendukung Anies, parpol tak sendirian. 

"Tinggal bagaimana caranya yang hadir kemarin itu menurut kata Pak Anies itu bapak-bapak, ibu-ibu yang hadir di sini yakinkan orang partai itu, temuilah mereka yang ada di daerah itu, sowan ke mereka, pesankan bahwa partai pun tidak sendirian, kalau partai mengusung Pak Anies maka akan dukung oleh warga," jelas Solihin.

"Itu diantara selain yang sudah kami yakini yang akan kami lakukan itu pun ternyata dikuatkan sama Pak Anies terhadap itu. Sehingga kami pun sadar akan itu," lanjut dia.

Solihin mengaku warga yang mendukung pun telah memikirkan hal yang serupa sebelum dititipkan pesan oleh Anies. Warga, kata Solihin akan segera bertemu kader parpol.

"Mungkin ke daerah-daerah di setiap kabupaten, setiap provinsi, mungkin kami akan bersilahturahmi juga untuk menginformasikan ke warga yang mendukung Pak Anies ini partai yang kemungkinan akan mendukungnya ini nih, silahkan temui kan begitu," ujar dia.

Solihin mengaku tak ada partai khusus yang bakal ditemui dan dikenalkan pada warga lainnya. Namun, partai pendukung seperti NasDem, PKS dan Demokrat menjadi pertimbangan utama.

 


Dukung Parpol Manapun yang Usung Anies

Ratusan Warga dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa Datangi Rumah Anies Baswedan.
Ratusan Warga dari Berbagai Daerah di Pulau Jawa Datangi Rumah Anies Baswedan. (Dok. Istimewa)

Solihin mengutarakan hal tersebut dilakukan karena ratusan warga sadar betul Anies tak dapat maju bila tak ada parpol pengusung. Mereka dipastikan akan mendukung parpol mana saja yang akan mengusung nama Anies Baswedan.

"Itu pun kami lakukan karena kami sadar walaupun semua warga mendukung kalau tidak ada kendaraannya kan tidak bisa jalan. Makanya kami orang-orang non-partai ini pasti akan mendukung partai mana saja yang mendukung Pak Anies kan," ucap dia.  

Sebelumnya, ratusan warga ini berkunjung ke kediaman Anies Baswedan di Lebak Bulus II Dalam, Jakarta Selatan pada Rabu, 24 Agustus 2022 dini hari. 

"Dari Jateng dua mobil, Jogja dua mobil, Hiace ya, itu sekitar  20-30 an. Dari Jateng paling banyak 50 an lebih. Dari Jabar sendiri 40 orang," ucap Solihin.

Mereka datang dari berbagai elemen masyarakat dengan latar belakang pekerjaan dan pendidikan yang berbeda-beda. Solihin mengklaim hampir semua elemen masyarakat hadir pada hari itu, seperti kyai, pimpinan pesantren, kepala desa, petani, hingga komunitas perempuan.

 

"Hampir semua elemen itu hadir, komunitas perempuan juga hadir," kata dia.

Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Jabatan Gubernur Anies Baswedan Berakhir di 2022. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya