Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres dan Larangan Grusa-Grusu

Sanksi dijatuhkan kepada Ganjar Pranowo. Ganjaran berupa teguran lisan gara-gara kader PDIP ini menyatakan siap menjadi calon presiden atau capres.

oleh Shinta NM SinagaTriyasni diperbarui 26 Okt 2022, 09:03 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 09:03 WIB
Banner Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres dan Larangan Grusa-Grusu dari Megawati
Banner Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres dan Larangan Grusa-Grusu dari Megawati (Liputan6.com/Triyasni)

Liputan6.com, Jakarta - Sanksi dijatuhkan kepada Ganjar Pranowo. Ganjaran berupa teguran lisan gara-gara kader PDIP ini menyatakan siap menjadi calon presiden atau capres. Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri pun telah melarang kadernya grusa-grusu jelang Pilpres 2024.

Jangan grusa-grusu berarti jangan tergesa-gesa, terburu-buru, tergopoh-gopoh. Ini yang membuat aksi Ganjar menyatakan siap menjadi capres mendapat ganjaran sanksi dari PDIP. Ganjar memenuhi panggilan DPP PDIP pada 24 Oktober 2022. Gubernur Jawa Tengah ini memberikan klarifikasi terkait pernyataannya.

Ketua DPP Bidang Kehormatan PDIP Komarudin Watubun usai menerima klarifikasi Ganjar menjelaskan sanksi yang diberikan kepada Ganjar agar lebih berdisiplin sebagai kader PDIP. Pernyataan Ganjar dianggap tidak melanggar aturan partai. Namun, teguran lisan diberikan karena pernyataan tersebut menimbulkan multitafsir publik.

Mendapat sanksi teguran lisan, Ganjar menegaskan komitmen untuk patuh menunggu keputusan terkait calon presiden dan calon wakil presiden dari PDIP di tangan Megawati. Ganjar mengaku akan memperbaiki komunikasi publik.

Sanksi juga diberikan PDIP kepada para loyalis Puan Maharani yang membentuk Dewan Kolonel. Sanksi berupa teguran keras. Pembentukan Dewan Kolonel dinilai melanggar aturan partai. Kegiatan yang dilakukan dianggap di luar AD/ART partai. Apalagi sudah peringatan pertama dan kedua, sehingga peringatan ketiga menjadi yang terakhir, berupa teguran keras.

Sehari sebelumnya, Megawati Soekarnoputri pada 23 Oktober 2022 menyampaikan pesan melalui Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto dan Ketua DPP PDIP Eriko Sotarduga. Meminta seluruh kader PDIP agar tidak grusa-grusu menjelang Pilpres 2024.

Bagaimana pernyataan Ganjar siap menjadi capres? Seperti apa sanksi dari PDIP dan respons Ganjar? Begitu juga sanksi dari PDIP untuk loyalis Puan Maharani yang membentuk Dewan Kolonel? Dan seperti apa pesan yang disampaikan Megawati? Simak selengkapnya dalam rangkaian Infografis berikut ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres

Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres
Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Dewan Kolonel Bikin Loyalis Puan Maharani Kena Teguran Keras PDIP

Infografis Dewan Kolonel Bikin Loyalis Puan Maharani Kena Teguran Keras PDIP
Infografis Dewan Kolonel Bikin Loyalis Puan Maharani Kena Teguran Keras PDIP (Liputan6.com/Triyasni)

Infografis Larangan Grusa-Grusu dari Megawati Jelang Pilpres 2024

Infografis Larangan Grusa-Grusu dari Megawati Jelang Pilpres 2024
Infografis Larangan Grusa-Grusu dari Megawati Jelang Pilpres 2024 (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya