Pertemuan Anies Baswedan dengan Tiga Partai Menunjukkan Kebersamaan dan Kesetaraan

Bakal calon Presiden Anies Baswedan sempat melakukan pertemuan dengan tim kecil dari NasDem, Demokrat, dan PKS Selasa 25 Novemver 2022.

oleh Liputan6.com diperbarui 27 Okt 2022, 07:31 WIB
Diterbitkan 26 Okt 2022, 20:00 WIB
Anies dan AHY
Anies Baswedan bertemu Ketum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY). (Dok IG Anies Baswedan)

Liputan6.com, Jakarta Bakal calon Presiden Anies Baswedan sempat melakukan pertemuan dengan tim kecil dari NasDem, Demokrat, dan PKS Selasa 25 Novemver 2022.

Adapun ini disambut baik oleh kelompok relawannya dari Sekretariat Kolaborasi Indonesia (SKI).

"Pertemuan parpol dan Pak Anies berjalan dengan transparan. Keterbukaan itu menyiratkan adanya keinginan teman-teman di parpol untuk melibatkan publik dalam upaya menggerakkan perubahan,” ujar Sekjen SKI Raharja Waluya Jati, dalam keterangannya, Rabu (26/10/2022).

Dia mengungkapkan, pertemuan tiga parpol dengan Anies ini menggambarkan bagaimana sisi terbuka diperlihatkan oleh mantan Gubernur DKI Jakarta itu.

"Rakyat pun mendapatkan jalan yang lebar untuk terlibat dalam menata masa depan bangsa. Ini kemajuan penting dalam demokrasi kita,” ungkap Jati.

Selain itu, dia menegaskan, pertemuan itu memperlihatkan kekompakan dan semakin nyata bahwa tiga parpol tersebut siap membangun koalisi dan memastikan Anies bisa maju di Pilpres 2024.

"Kami menangkap ada semangat kebersamaan dan kesetaraan yang ditunjukkan oleh tiga parpol tersebut. Hal ini tentu menggembirakan para pendukung Pak Anies, karena diskusi tentang cawapres berlangsung secara rasional, dengan tujuan memilih yang terbaik," jelas Jati.

Kebersamaan dan kesetaraan yang ditunjukkan tiga parpol tersebut, kata dia, harus menjadi inspirasi bagi kelompok-kelompok masyarakat pendukung Anies yang semakin banyak bermunculan di berbagai daerah.

"Kami menyerukan agar semua potensi dikolaborasikan secara optimal. Perjuangan menuju perubahan ini memerlukan persatuan yang kokoh dari semua elemen, tidak bisa bergerak sendiri-sendiri," pungkasnya.

 


Dua Mata dengan AHY

Sebelumnya, Anies Baswedan berbicara empat mata dengan Ketua Umum Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY. Pertemuan itu berlangsung setelah pertemuan tim kecil NasDem, Demokrat dan PKS membahas cawapres di kediaman Anies, Lebak Bulus, Jakarta, Selasa (25/10/2022).

"Kami diskusi berdua cukup panjang," ujar Anies dalam Instagramnya dilihat Rabu (26/10/2022).

Anies mengatakan, dengan AHY saling mencocokan catatan dan bacaan. Kata dia berdiskusi dan tukar pikiran dengan putra Susilo Bambang Yudhoyono itu menyenangkan. Hal yang dibahas mulai dari sejarah hingga tantangan Indonesia ke depan.

"Comparing notes, saling mencocokkan catatan dan bacaan. Selalu menyenangkan dan mencerahkan kalau berdiskusi, tukar pikiran dengan Mas AHY. Membahas dari soal sejarah hingga soal tantangan Indonesia ke depan," papar Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta ini berkata, ketika membahas gagasan tentang negara bersama AHY, banyak titik temu.

"Alhamdulilah, ketika gagasan tentang bernegara ditopangtinggikan maka begitu banyak titik temu dalam diskusi," kata Anies.

Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya