Dinas Perumahan DKI Tunggu Arahan Heru Budi Soal Kelanjutan Hunian DP 0 Rupiah

Sarjoko menyebut, pihaknya belum menerima arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melanjutkan program rumah down payment (DP) Rp0 milik Anies Baswedan.

oleh Liputan6.com diperbarui 28 Okt 2022, 04:20 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 04:20 WIB
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Sarjoko
Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (DPRKP) DKI Jakarta Sarjoko mengungkapkan pembangunan Kampung Susun Produktif Tumbuh Cakung, Jakarta Timur menelan dana sekitar Rp 52 miliar. (Dok. Liputan6.com/Winda Nelfira)

Liputan6.com, Jakarta - Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko menyebut, pihaknya belum menerima arahan dari Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk melanjutkan program rumah down payment (DP) Rp0 milik Anies Baswedan.

“Kami juga memang masih menunggu arahan kebijakan Pak Pj Gubernur berkaitan dengan perumahan dan permukiman dan salah satu yang digagas adalah yang kami coba taruh adalah tentu bagaimana kita bisa melanjutkan program DP Rp0 ini,” kata Sarjoko ketika ditemui di Cikini, Jakarta Pusat, Kamis (27/10).

Kendati demikian, Sarjoko mengatakan bahwa pihaknya telah menyampaikan laporan kepada Heru terkait program-program yang telah dikerjakannya beberapa tahun terakhir ini.

“Kami juga sudah menyampaikan laporan kepada Pak Pj Gubernur terkait dengan apa yang sudah kami lakukan beberapa tahun terkahir khususnya pada rentang RPJMD 2017-2022,” tambah Sarjoko.

Selain itu, Sarjoko juga berharap Heru dapat melanjutkan kegiatan penataan kampung. Pihaknya juga tengah menunggu arahan spesifik dari Heru agar penataan ini dapat meminimalisir dampak lingkungan yang ada.

“Nah lebih spesifik yang beterkaitan dengan penataan permukiman, tentu ini menjadi concern beliau juga karena berkaitan dengan bagaimana melakukan upaya penataan permukiman dengan meminimalsiri potensi-potensi kerawanan yang lain, terkait dampak banjir, dan sebagainya,” kata Sarjoko.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Janji Kampanye Anies

FOTO: Melihat Lebih Dekat Rusun DP 0 Rupiah
Suasana di Menara Samawa, Pondok Kelapa, Jakarta Timur, Selasa (27/10/2020). Menurut Plt Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman DKI Jakarta Sarjoko, 470 dari 780 unit hunian di Menara Samawa yang terdiri atas tiga tipe itu telah terjual. (merdeka.com/Iqbal S. Nugroho)

Sebelumnya, Gubernur DKI Jakarta periode 2017-2022 Anies Baswedan memiliki janji kampanye untuk menyediakan hunian yang terjangkau sebagai salah satu kebutuhan pokok warga Jakarta. Dalam pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) 2017-2022, Anies menargetkan untuk membangun 232.214 unit. Namun, di akhir masa jabatannya, ia hanya berhasil membangun 2.322 unit hunian DP Rp0.

Menjelang masa jabatannya berakhir, Anies berharap penerusnya membangun hunian rumah DP Rp0 sebanyak 9.081 unit. Hal tersebut tercatat pada Peraturan Gubernur Nomor 25 Tahun 2022 tentang Rencana Pembangunan Daerah (RPD) 2023-2026 yang diteken Anies pada 10 Juni 2022.

Di kesempatan terpisah, Fraksi PDIP Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta ragu Heru akan melanjutkan program Anies. Ketua Fraksi PDIP DPRD DKI Gembong Warsono mengatakan bahwa program kerja milik Anies belum tentu dilanjutkan oleh Penjabat (Pj) gubernur terpilih Heru Budi Hartono.

“Tergantung evaluasinya. Kalau memang manfaatnya untuk rakyat Jakarta baik, bagus, kenapa tidak dilanjutkan. Tetapi kalau setelah kita lakukan evaluasi, Pak Heru mengevaluasi, ternyata antara manfaatnya dan mudaratnya lebih banyak mudaratnya, ngapain mesti dilanjutkan,” kata Gembong.

Reporter: Lydia Fransisca

Sumber: Merdeka.com

Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Infografis: Megaproyek Anies di Jakarta (Liputan6.com / Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya