Pengamat: Panggung 2024 Hanya untuk Ganjar dan Anies

Bagi Pangi, pemilihan cawapres sangat penting apabila ingin menang Pemilu. Ia menyebut Ganjar harus memilih calon kuat seperti Prabowo atau Anies memilih Khofifah atau Yenny Wahid.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 28 Okt 2022, 08:51 WIB
Diterbitkan 28 Okt 2022, 08:51 WIB
Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo
Ridwan Kamil, Anies Baswedan, dan Ganjar Pranowo saat ngopi bareng (Dok. Instagram/@ridwankamil/https://www.instagram.com/p/BpzBgOTnmVz/Komarudin)

Liputan6.com, Jakarta - Pengamat politik Pangi Syarwi Chaniago, faktor bakal cawapres menjadi penentu bagi kemenangan Pemilu 2024. Ia menyebut 2024 bukan lagi panggung calon lama seperti Prabowo, melainkan jatah calon baru, yakni Ganjar Pranowo dan Anies Baswedan.

"Bagi saya 2024 ini hanya panggung Anies dan Ganjar. Dan Cawapres itu kunci pemenangan pemilu 2024,” kata Pangi dalam acara Bincang Balkon Liputan6.com, Kamis (27/10/2022).

Bagi Pangi, pemilihan cawapres sangat penting apabila ingin menang Pemilu. Ia menyebut Ganjar harus memilih calon kuat seperti Prabowo atau Anies memilih Khofifah atau Yenny Wahid.

"Kalau ganjar salah menggandeng cawapres maka akan repot memenangkan pemilu, soal cawapres apakha Ganjar-Erick Thohir, apakah Ganjar-Prabowo, mungkin saja itu terjadi, karena itu akan sebanding Anies-AHY, Anies- Yenny Wahid,” kata dia.

Untuk Ganjar, Pangi menyebut Prabowo pilihan menarik, hanya saja Prabowo apakah bersedia menjadi wakil.

"Nah, mau enggak Prabowo jadi cawapres Ganjar? Ya jadi menteri aja mau kan logikanya gitu,” kata Pangi.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dukungan Kader PPP di Daerah

Susi Pudjiastusi dan Anies Baswedan Lomba 17 Agustusan
Masih ada satu catatan menarik dari perayaan HUT RI ke-77 pekan lalu. Sejumlah politikus hingga tokoh publik ikut lomba dari balap karung, makan kerupuk hingga tarik tambang. Mereka yakni Susi Pudjiastuti, Anies Baswedan, Erick Thohir, Ridwan Kamil, serta Ganjar Pranowo. Lomba ini digelar di GOR Soemantri Brodjonegoro Jakarta. Wah, hadiahnya apa ya? (Foto: Dok. Instagram @aniesbaswedan)

Sementara itu, Ketua DPW PPP NTT menyatakan alasan pihaknya mendukung Ganjar di Pilpres 2024. Menurutnya, meski Ganjar kader PDIP, Ganjar juga bisa disebut kader bangsa.

"Tapi kami melihat beliau juga kader bangsa yang biasa disebut kader nasionalis religius, dan pribadinya tidak arogan walaupun kepala daerah,” kata dia.

Menurut Lonek, meski PPP berada di koalisi KIB, tapi tiap DPW PPP behak memilih dan usulkan calon. “Tapi kami di DPW punya penilaian dan pertimbangan sendiri,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua Umum GP Mania Immanuel Ebenezer menyatakan PDIP kian melunak dengan Ganjar. Ia optimis Ganjar akan segera mendapat tiket capres dari PDIP.

"PDIP semakin kesini makin melunak, yang kemarin menyerang sekarang mengerem. kami yakin sebentar lagi Ganjar akan dapat sanksi maksimal yakni tiket maju capres,” kata Immanuel.

Kalau  bukan Ganjar siapa lagi, kalau tidk usul sangat rugi,“ pungkas dia. 

Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Geliat Bursa Capres 2024, Prediksi Ketum Parpol Vs Tokoh Populer. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres
Infografis Ganjar Diganjar Sanksi Gara-Gara Siap Jadi Capres (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya