Rano Karno Ajak Capres 2024 dari PDIP Ganjar Pranowo ke Museum Multatuli Banten, Harap Bisa Lanjutkan Program Jokowi

Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023).

oleh Liputan6.com diperbarui 29 Apr 2023, 22:03 WIB
Diterbitkan 29 Apr 2023, 17:45 WIB
Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023).
Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023). (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023).

Dalam kesempatan itu, Rano Karno mengatakan kunjungan Ganjar Pranowo karena Museum Multatuli adalah inspirasi bagi banyak orang tentang cita-cita keadilan dan kemanusiaan.

"Pak Ganjar hadir di sini untuk memperjuangkan keadilan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia," ujar Rano Karno saat mendampingi Ganjar di Lebak, Sabtu (29/4/2023).

Tak hanya itu, anggota Komisi X DPR RI itu juga mengingatkan Sukarno atau Bung Karno pernah mengunjungi Rangkasbitung. Saat itu, kata dia, Bung Karno berpesan tentang persatuan bangsa.

"Jadi kunjungan Pak Ganjar ini juga semacam tapak tilas dari perjalanan Bung Karno untuk menghayati lebih dalam apa yang diperjuangkan dan dicita-citakan oleh Bung Karno," ucap Rano.

Pemeran Si Doel itu juga berharap agar Ganjar Pranowo melanjutkan pembangunan nasional yang sudah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi.

"Tentu kita berdoa yang terbaik untuk Pak Ganjar Pranowo sebagai Presiden periode 2024-2029 dalam melanjutkan pembangunan di Banten dan terus meningkatkan kesejahteraan seluruh rakyat Indonesia," jelas Rano Karno.

Sementara itu, Ganjar Pranowo mengapresiasi pembangunan ulang Museum Multatuli. Menurutnya, museum tersebut sangat penting diketahui oleh banyak orang, terutama generasi muda.

Ia menjelaskan, melalui Museum Multatuli selain mengajarkan generasi muda mengenai literasi tetapi juga soal bagaimana membela keadilan dan juga memanusiakan manusia.

"Yang dituliskan Multatuli ini menjadi referensi banyak tokoh, inspirasi tingkat perasaan seseorang untuk memanusiakan manusia dan kemudian berjuang terhadap penindasan. Itu sesuatu hal yang luar biasa karena inspirasinya," ucap Ganjar.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Diapresiasi Ganjar Pranowo

Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023).
Calon presiden atau capres 2024 PDI Perjuangan (PDIP) Ganjar Pranowo bersama Gubernur Banten periode 2015-2017 Rano Karno berkunjung ke Museum Multatuli di Kabupaten Lebak, Banten, Sabtu (29/4/2023). (Ist)

Tak hanya itu, sikap keberanian dari Eduard Douwes Dekker yang berani melawan rajanya di Belanda patut dicontoh. Sebab, kata Ganjar, Douwes Dekker berani mengatakan penjajahan yang dilakukan oleh Belanda harus segera dihentikan.

"Hingga ia (Douwes Dekker) menuliskan kepada rajanya 'Apa yang kamu inginkan dari penjajahan ini? Wah, itu dalam sekali. Yang hebat adalah beliau itu sastrawan sehingga dituliskan dalam novel-novel percintaan yang lebih halus, sehingga secara nilai lingusitiknya bisa diterima oleh orang-orang," jelas Ganjar.

Dalam kunjungannya masyarakat Lebak sangat antusias ingin menyapa Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024 nanti.

 


Calonkan Ganjar Pranowo Jadi Capres, Megawati Ingin PDIP Menang Pemilu 2024

Ganjar Pranowo Resmi Ditetapkan Jadi Capres PDIP
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah mengumumkan nama Ganjar Pranowo untuk diusung maju sebagai Capres dalam Pilpres 2024. Penetapan itu digelar di Istana Batutulis, Bogor yang juga dihadir oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, Jumat (21/4/2023). (Foto: Dokumentasi DPP PDIP)

Sebelumnya, politikus PDIP Masinton Pasaribu mengungkap harapan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menjadikan Ganjar Pranowo sebagai calon presiden 2024-2029. Masinton mengaku Megawati berharap PDIP kembali meraih kemenangan seperti dua periode sebelumnya.

"Ya tentu target kami adalah kami bisa menang hatrick, spektakuler," ujar Masinton dalam diskusi Polemik, Sabtu (29/4/2023).

Masinton mengatakan, kemenangan pada Pemilu 2024 bukan hanya menjadi harapan Megawati saja, melainkan seluruh kader PDIP. Dia menyebut tak hanya pada Pilpres saja, Pileg dan Pilkada pun diharapkan didominasi oleh kader PDIP.

"Kalau target para kader itu kan bagaimana 2024 memenangkan kontestasi presiden pemilihan legislatif, dan 2024 di luar 14 Februari, di bulan November juga ada Pilkada, bagaimana kami memenangkan pertarungan pemilihan-pilihan kepala daerah secara serentak," kata dia.

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI Perjuangan atau PDIP) telah resmi mengusung Ganjar Pranowo sebagai calon presiden (capres) untuk maju pada Pemilihan Presiden atau Pilpres 2024.

 


Caleg Sudah Disiapkan dengan Matang

Ekspresi Ganjar Pranowo Usai Pertemuan di DPP PDIP
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo bersama Sekretaris Jendral PDI Perjuangan Hasto Kristianto usai dipanggil di DPP PDIP, Jakarta, Senin (24/10/2022). Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo menegaskan bahwa dirinya akan taat terhadap aturan Partai PDI Perjuangan (PDIP) soal Capres 2024. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Dalam menyikapi perkembangan politik terkini terhadap Pileg dan Pilpres, Sekjen PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menyatakan siap untuk mengintegrasikan seluruh data calon anggota legislatif (caleg) pada tingkat kabupaten/kota maupun provinsi yang diintegrasikan ke sistem pencalonan Komisi Pemilihan Umum (KPU).

"Pada kesempatan ini kami juga menyampaikan Dewan Perwakilan PDI Pusat dalam persiapan terkait Pileg, kami sudah menyatakan siap untuk mengintegrasikan seluruh data calon anggota legislatif di tingkat kabupaten/kota maupun provinsi yang diintegrasikan ke sistem pencalonan KPU," ujar Hasto dalam konferensi pers di Kantor DPP PDIP, Kamis 27 April 2023.

"Ini menunjukkan partai sejak awal mengikuti tahapan-tahapan Pemilu dengan penuh kedisiplinan dan mempersiapkan kualitas seluruh calon legislatif dengan sebaik-baiknya untuk menyongsong kemenangan tahun 2024 dengan dukungan rakyat," sambung dia.

Hasto mengungkapkan bahwa calon anggota legislatif (caleg) telah dipersiapkan secara matang dengan beberapa rangkaian persiapan yang maksimal untuk ke depannya dapat mendorong kemajuan bangsa Indonesia.

"Calon anggota legislatif dipersiapkan sebagai upaya membangun satu nafas kepemimpinan agar kepemimpinan nasional ke depan dapat mendorong kemajuan Indonesia Raya dengan sebaik-baiknya," ungkap Hasto.

Infografis Pesan Khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Pesan Khusus Megawati Soekarnoputri untuk Ganjar Pranowo. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya