NasDem soal Sosok Cawapres Anies Baswedan: Kita Jadikan Surprise

NasDem menyatakan hingga saat ini ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan semakin intens berkomunikasi.

oleh Liputan6.com diperbarui 07 Nov 2022, 19:16 WIB
Diterbitkan 07 Nov 2022, 18:16 WIB
Willy Aditya
Anggota Komisi I DPR Fraksi Nasdem Willy Aditya. (Ist)

Liputan6.com, Jakarta - Partai NasDem masih enggan mengungkapkan siapa sosok calon wakil presiden (cawpares) potensial yang bakal mendampingi Anies Baswedan pada Pilpres 2024. Deklarasi cawapres pun hingga saat ini belum ada pembahasan di dalam tim kecil antara PKS, NasDem, dan Demokrat.

"Mungkin belum (deklarasi cawapres). Cawapres nanti sesuai dengan dinamika yang terjadi. Kita mencoba rasional. Kita mencoba realistis. Kita mencoba membuka diri secara lebih luas," kata Ketua DPP Partai NasDem, Willy Aditya, kepada wartawan di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (7/11/2022).

Selain itu, dia menyampaikan pertimbangan lain soal deklarasi cawapres, yakni elemen kejutan bagi publik. Sehingga, pihaknya enggan terburu-buru untuk mengumumkan siapa sosok cawapres yang tepat untuk Anies.

"Bagaimana kemudian cawapres suka atau tidak suka, senang atau tidak senang kita bisa jadikan elemen surprise. Itu salah satu pertimbangan kita," ucapnya.

Kendati demikian, dia menegaskan, bahwa hingga saat ini ketiga partai yang tergabung dalam Koalisi Perubahan semakin intens berkomunikasi dan komitmen yang dibangun pun semakin mengerucut ke arah kemenangan Pemilu 2024.

"Bertepuk tidak mungkin sebelah tangan. Ya kan? Bersepakat enggak mungkin sendirian. Tentu itu adalah proses bersama. Apa yang keluar di PKS, apa yang keluar di NasDem, apa yang keluar dari Demokrat itu omongan bersama. Teman-teman bisa melihat yang lahir menunjukkan yang batin. Di sanalah kami saling bersepaham. Di sana lah kami bisa menunjukkan bagaimana frekuensi kami bersama-sama," imbuh Willy.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Ada yang Goda PKS Tak Masuk Koalisi

NasDem mengamini ada yang mencoba untuk mengajak PKS untuk bergabung ke koalisi lain.  

"Kalau saling goda menggoda kan sebelum janur kuning ada kan ya, kedipan mata-lah rayuan gombalan tuh wajar saja, sama seperti orang pacaran," ujar Ketua DPP NasDem Willy Aditya di kawasan Jakarta Pusat, Minggu (6/11/2022).

Namun, dia yakin PKS akan bersama-sama NasDem dan Demokrat membangun koalisi yang mengusung Anies Baswedan sebagai capres. Apalagi koalisi yang dibangun setara.

"Ya sejauh ini sangat confidence-lah kami ya bisa bersama," jelas Willy.

Malah, godaan-godaan tersebut diyakini akan menguatkan kebersamaan NasDem, Demokrat dan PKS. Kata Willy, semakin hari ketiga partai semakin mesra.

"Jadi proses itu yang kemudian membangun kami sangat cair sangat setara dan bener-bener ya godaan kiri dan kanan wajar sajalah kita anggap itu sebagai sebuah faktor yang justru semakin menyolidkan kita semua di dalam," kata Willy.

Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis Tokoh-Tokoh Populer Dideklarasikan Jadi Capres 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya