Kapolri Angkat Polwan Jadi Kapolres, Komisi III DPR Acungi Jempol

Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowon dinilai benar-benar wujudkan komitmen kesetaraan gender di Polri.

oleh Liputan6.com diperbarui 26 Des 2022, 21:46 WIB
Diterbitkan 26 Des 2022, 21:41 WIB
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni
Wakil Ketua Komisi III DPR, Ahmad Sahroni.

Liputan6.com, Jakarta - Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo menerbitkan empat surat telegram berisi mutasi untuk 704 personel Polri. Dalam mutasi di Polri itu ada sejumlah polwan yang mendapat promosi, ada yang naik menjadi jenderal dan ada pula yang menjabat kapolres.

Mutasi serta promosi Polri ini lantas mendapat apresiasi dari Wakil Ketua Komisi III DPR RI Ahmad Sahroni. Politikus NasDem ini menilai Kapolri benar-benar wujudkan komitmen kesetaraan gender di Polri.

“Apresiasi keputusan Kapolri yang turut memberi akses kepada Polwan untuk mendapat karier terbaik di Polri. Dari sini dapat kita lihat bahwa Kapolri sungguh-sungguh wujudkan kesetaraan gender di tubuh Polri,” ujar Sahroni dalam keterangan, Senin (26/12/2022).

Selain itu, Sahroni juga mengatakan bahwa hal seperti ini bukan sekadar formalitas belaka. Dirinya mengatakan Kapolri saat ini benar-benar prioritaskan mereka yang punya kapasitas, tidak peduli laki-laki atau perempuan.

“Upaya kesetaraan di Polri ini bukan hanya formalitas ‘pemenuhan kuota’ belaka. Karena poin utama dari kesetaraan adalah soal distribusi akses yang adil dan bebas dari diskriminasi. Jadi (pemerataan akses) ini memberi sinyal bahwa Kapolri benar-benar melihat kapasitas dan kualitas. Sebab bukan zamannya lagi promosi karena popularitas, kedekatan, dan gender semata,” pungkas Sahroni.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kapolri Rotasi Jabatan Strategis

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo merotasi sejumlah jabatan strategis di tubuh Polri. Total ada sebanyak 704 personel yang jabatannya dirotasi, mulai dari Kapolda hingga Kapolres di seluruh Indonesia.

Kepala Divisi (Kadiv) Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo membenarkan adanya empat Surat Telegram Kapolri terkait promosi dan mutasi jabatan, yakni ST/2774/XII/KEP./2022 sebanyak 21 personel, ST/2775/XII/KEP./2022 sebanyak 162 personel, ST/2776/XII/KEP./2022 sebanyak 374 personel, dan ST/2777/XII/KEP./2022 sebanyak 147 personel.

Seluruhnya surat telegram rotasi di tubuh Polri ini dikeluarkan per tanggal 23 Desember 2022.

"Mutasi hal yang biasa dalam organisasi sebagai tour of area and tour of duty dan penyegaran serta promosi," tutur Dedi kepada wartawan, Sabtu (24/12/2022).

Secara keseluruhan, lanjut Dedi, 704 personel Polri yang dirotasi dan dimutasi dengan rincian Kapolda 2 personel yakni Kapolda Kepri dan Bengkulu, Pejabat Utama Mabes Polri 1 personel yaitu Kadivkum Polri, jabatan Irjen Pol 7 personel, Brigjen Pol 24 personel, Kombes Pol 88 personel, AKBP 74 personel, dan Kapolres 146 personel.

"Penyegaran/Flat 233 personel, Dikbangpimti 27 personel, Gassus 21 personel, Pensiun 77 personel, Demosi 5 personel," ucap Dedi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya