Eks Politikus Demokrat Ferdinand Hutahaean Muncul di HUT Gerindra, Jadi Kader?

Ferdinand Hutahaean sudah mengundurkan diri dari Partai Demokrat. Ditandai dengen cuitannya pada 11 Oktober 2020. Tiba di acara HUT Gerindra, Ferdinand tampak mengenakan seragam Partai Gerindra.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 06 Feb 2023, 10:41 WIB
Diterbitkan 06 Feb 2023, 10:41 WIB
Partai Gerindra Rayakan HUT ke-15
Perayaan itu dilangsungkan hari ini di Kantor DPP Partai Gerindra Jakarta, Senin 6 Februari 2023. Terlihat mereka yang hadir di antaranya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. (Foto:Liputan6/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Liputan6.com, Jakarta - Partai Gerindra merayakan hari ulang tahun yang ke-15. Perayaan itu dilangsungkan hari ini di Kantor DPP Partai Gerindra Jakarta, Senin (6/2/2023). 

Pantauan di lokasi, tampak hadir mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean yang tiba di lokasi. Ferdinand tampak mengenakan seragam Partai Gerindra dengan atasan kemeja putih dan celana panjang krem.

Terlihat pula Ketua Umum Prabowo Subianto yang langsung menuju ruang utama, kemudian Ferdinand langsung menghampiri dan mencium tangan Prabowo. Dia pun tampak langsung bercengkerama dengan Ketua Harian DPP Partai Gerindra Ahmad Sufmi Dasco. 

Mereka kemudian berjalan beriringan bersama Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani. Selain itu, tampak hadir pula politikus senior Partai Gerindra Fadli Zon. 

Sebagai informasi, Ferdinand Hutahaean mengundurkan diri dari Partai Demokrat. Hal itu ditandai dengen cuitannya pada 11 Oktober 2020. 

"Jadi kalau sekarang pun saya akan pergi dari Partai Demokrat, itu juga karena soal prinsip dan keyakinan politik, jalan politik kebangsaan yang saya yakini terlepas apakah saya salah atau benar dengan prinsip yang saya yakini. Saya memutuskan untuk pergi dan akan mengundurkan diri!," ucap Ferdinand kala itu.

Ferdinand sendiri juga seorang mantan narapidana usai melakukan pelanggaran pidana atas cuitannya yang dinilai telah penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran. Dia pun dihukum menjalani bui selama lima bulan.

 


Ferdinand Dikasuskan Karena Cuitan ‘Allah mu Lemah’

Partai Gerindra Rayakan HUT ke-15
Perayaan itu dilangsungkan hari ini di Kantor DPP Partai Gerindra Jakarta, Senin 6 Februari 2023. Terlihat mereka yang hadir di antaranya Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto dan mantan kader Partai Demokrat Ferdinand Hutahaean. (Foto:Liputan6/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Ferdinand Hutahaean divonis 5 bulan penjara atas perkara dugaan penyebaran berita bohong yang menimbulkan keonaran di kalangan rakyat terkait cuitan 'Allahmu Lemah' di akun Twitter pribadinya. 

Putusan itu dibacakan dalam sidang yang digelar di Pengadilan Negeri (PN) Jakarta Pusat, Selasa, 19 April 2022. Di mana dalam putusannya, Majelis Hakim meyakini jika Ferdinand terbukti secara sah dan bersalah melakukan tindak pidana. 

"Mengadili, menyatakan terdakwa Ferdinand Hutahaean, terbukti secara sah dan meyakinkan bersalah menyiarkan berita atau pemberitahuan bohong dengan sengaja menerbitkan keonaran di kalangan rakyat," kata ketua majelis hakim Suparman Nyompa. 

Alhasil, dalam putusanya sebagaimana dakwaan pertama primer jaksa penuntut umum. Majelis hakim menjatuhkan vonis pidana penjara selama 5 bulan penjara terhadap Ferdinand. 

"Menjatuhkan pidana terhadap terdakwa Ferdinand Hutahaean dengan pidana penjara selama 5 bulan dikurangi masa tahanan," kata hakim.


Sandiaga Uno Hadiri HUT ke-15 Partai Gerindra

Sandiaga Uno
Sandiaga Uno tiba di lokasi HUT ke-15 Partai Gerindra di Jakarta. (Liputan6.com/Muhammad Radityo Priyasmoro)

Pantauan di lokasi, tampak ratusan kader sudah memadati lokasi. Termasuk, Wakil Ketua Dewan Pembina Sandiaga Uno yang juga sudah datang sekira pukul 8.40 WIB.

Kehadiran Sandiaga sontak mematahkan kabar kerenggangan dirinya dengan partai, setelah diisukan tengah merapat ke kubu PPP.

Sementara itu, Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto diketahui sudah hadir lebih dulu. Hal itu dibuktikan dengan terparkirnya mobil Alphard putih berpelat nomor PSD yang biasa digunakannya.  

Menurut informasi panitia, acara akan dimulai sekira pukul 09.00 WIB. Nantinya Prabowo Subianto akan meninjau stand kuliner rakyat yang sudah memarkirkan gerobaknya di kawasan Kantor DPP Partai Gerindra.

Selain pameran kuliner, tampak pula stand donor darah yang bisa diikuti warga sekitar. Tidak ketinggalan hadir pula undangan anak-anak yatim yang nantinya akan diberi santunan oleh Partai Gerindra dalam mensyukuri hari jadinya yang ke-15.

Isu Sandiaga Uno akan pindah gerbong belakangan santer berembus setelah sejumlah agenda PPP dihadirinya. Seperti saat menghadiri Silaturahmi Akbar PPP di Stadion Kridosono Yogyakarta, Minggu (8/1/2023). Ia beralasan kedatangannya untuk memenuhi undangan DPW PPP DIY.

Infografis Vaksinasi Covid-19 Booster II Masyarakat Umum Segera Dimulai. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Vaksinasi Covid-19 Booster II Masyarakat Umum Segera Dimulai. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya