Jakarta Diguyur Hujan, Pintu Air Pasar Ikan Siaga 3

Berdasarkan pantauan BPBD DKI Jakarta, Tinggi Muka Air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan telah mencapai 178 sentimeter (cm).

oleh Winda Nelfira diperbarui 23 Feb 2023, 08:12 WIB
Diterbitkan 23 Feb 2023, 08:12 WIB
Aktivitas warga saat hujan deras di Jakarta
Aktivitas warga saat hujan deras di kawasan Jalan Sudirman, Jakarta, Jumat (9/12/2022). Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menyebut pihaknya akan mengkaji penerapan bekerja dari rumah atau work from home (WFH), hal ini berkaitan dengan arahan dari Presiden Joko Widodo atau Jokowi tentang potensi cuaca ekstrem pada penghujung 2022. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta menyampaikan kondisi Pintu Air Pasar Ikan berada pada posisi siaga tiga dengan status waspada pada Kamis (23/2/2023) pukul 07.00 WIB.

Berdasarkan pantauan BPBD DKI Jakarta, Tinggi Muka Air (TMA) di Pintu Air Pasar Ikan telah mencapai 178 sentimeter (cm).

Adapun kronologi kenaikan TMA Pintu Air Pasar Ikan terjadi sejak pukul 05.00 WIB, di mana TMA 170 cm dan naik 2 cm pada pukul 06.00 WIB menjadi 172 cm.

Sementara 11 pintu air lainnya berada di status normal atau siaga empat atau tidak ada pintu air di DKI Jakarta yang masuk dalam siaga dua dan siaga satu.

Sementara itu, untuk kondisi cuaca di beberapa pintu air yakni Depok, Manggarai, Pasar Ikan, Krukut Hulu, Cipinang Hulu, Sunter Hulu, dan Pulogadung terpantau gerimis.

Hanya pintu air Katulampa, Pasanggrahan, dan Angke Hulu mendung. Sedangkan Karet dan Waduk Pluit hujan.

Kendati demikian, warga pun diminta waspada dan dalam keadaan darurat dapat menghubungi call center Jakarta Siaga di 112.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Cuaca Hari Ini Kamis 23 Februari 2023

Cuaca Ekstrem Melanda Jakarta
Pejalan kaki menggunakan payung saat hujan deras mengguyur kawasan Jalan Thamrin, Jakarta, Selasa (31/5/2022). Potensi cuaca ekstrem di sejumlah wilayah di Indonesia pada hari ini dipengaruhi oleh kemunculan bibit siklon tropis 92S di Samudera Hindia selatan Jawa Barat. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Cuaca hari ini Kamis 23 Februari 2023, Jakarta diprakirakan hujan berintensitas ringan pada pagi hari. Begitu pula pada siang hingga malam hari tetap hujan.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprakirakan, hujan disertai petir melanda Jakarta Pusat dan Jakarta Utara pada siang hari. Sedangkan di Jakarta Barat terjadi hujan dengan intensitas sedang. Wilayah lainnya di Jakarta hujan dengan intensitas ringan.

"Waspada potensi hujan disertai kilat/petir dan angin kencang di wilayah Jakut, Jakbar, Jaksel, Jakpus, dan Kepulauan Seribu pada sore hari," papar BMKG melalui laman resminya www.bmkg.go.id.

Senada, wilayah penyangganya yaitu Bekasi, Depok, dan Kota Bogor, Jawa Barat, pagi sampai siang diprediksi hujan dengan intensitas ringan hingga sedang, malamnya waspada hujan petir.

"Waspada potensi hujan sedang hingga lebat yang dapat disertai kilat/petir dan terjadinya angin kencang pada rentang waktu antara pagi menjelang siang hingga menjelang malam hari di sebagian wilayah Kabupaten dan Kota Bogor, Kabupaten Purwakarta, Kabupaten Karawang," jelas BMKG.

Di Kota Tangerang, Banten, cuaca berawan diprakirakan ada di pagi hari, lalu siang sampai malam hujan berintensitas ringan hingga sedang.

Berikut informasi prakiraan cuaca untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) selengkapnya yang dikutip Liputan6.com dari laman resmi BMKG:

Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta
Infografis Habis Hujan Deras Terbitlah Banjir Jakarta (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya