Golkar Minta Kabel Optik di Jakarta Segera Dibenahi Usai Bikin Pemotor Celaka

Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membenahi kabel kusut menjuntai yang sempat menyebabkan seorang pemotor mengalami kecelakaan.

oleh Winda Nelfira diperbarui 30 Jul 2023, 12:29 WIB
Diterbitkan 30 Jul 2023, 12:29 WIB
Kabel Utilitas Atas di Jakarta Dibenahi Jelang Penyelenggaraan KTT ASEAN Ke-43
Petugas Dinas Bina Marga DKI Jakarta melakukan penataan kabel utilitas di sekitar Jalan Haji Agus Salim, Jakarta Pusat, Rabu (24/5/2023). (Liputan6.com/Herman Zakharia)

Liputan6.com, Jakarta - Fraksi Partai Golkar DPRD DKI Jakarta meminta Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta segera membenahi kabel kusut menjuntai yang sempat menyebabkan seorang pemotor mengalami kecelakaan.

Ketua Fraksi Golkar DPRD DKI Jakarta Basri Baco mengatakan, pihaknya sudah sempat menyampaikan masukan kepada Dinas Bina Marga agar memperhatikan dan memperbaiki banyaknya kabel kusut di jalanan Ibu Kota. Terlebih, ada program pemindahan kabel optik ke bawah tanah.

"Kalau tidak salah sudah ada program untuk memasukkan semua kabel ke dalam tanah, sehingga tidak ada lagi kabel kelihatan di atas. Bahaya dan merusak pemandangan soalnya," kata Basri kepada Liputan6.com, Minggu (30/7/2023).

Menurut Basri, berbagai jalur pengaduan masyarakat juga harus diaktifkan. Selain itu, kata dia Pemprov DKI Jakarta juga harus sigap menindaklanjuti aduan yang disampaikan warga terkait kabel kusut yang mengganggu aktivitas.

"Katanya Jakarta mau jadi kota yang sejajar dengan kota-kota besar dunia lainnya, kok masih begini, urusan kabel aja tidak bisa selesai," kata dia.

Sebelumnya, seorang pemotor terjatuh dan terperosok ke aspal usai motornya tersangkut kabel menjuntai pada Jumat, 28 Juli 2023 pukul 23.00 WIB.

Korban yang diketahui bernama Vidam ini tengah mengendarai motornya di Jalan Brigjen Katamso, Palmerah, Jakarta Barat. Vidam diduga kurang konsentrasi hingga tersangkut kabel yang menjuntai ke jalan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Korban hingga Tak Bisa Bicara

FOTO: Penataan Kabel Semrawut di Kawasan Wahid Hasyim
Petugas Satgas Bina Marga Jakarta Pusat melakukan penataan jaringan utilitas di kawasan Wahid Hasyim, Jakarta, Selasa (15/3/2022). Penataan kabel utilitas yang semrawut diharapkan meningkatkan kualitas pedesterian DKI Jakarta sehingga pejalan kaki merasa aman dan nyaman. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Serupa, permasalahan kabel menjuntai di jalanan Ibu Kota juga membuat mahasiswa bernama Sultan Rif'at Alfatih mengalami cedera.

Sultan, kini tak bisa berbicara setelah lehernya terjerat kabel fiber optik yang menjuntai ke jalan pada 5 Januari 2023. Tenggorokan Sultan mengalami patah akibat kabel tersebut.

Kala itu, Sultan dan kawan-kawannya tengah melakukan night ridding di Jalan Pangeran Antasari, Jakarta Selatan. Imbas terjerat kabel fiber optik, Sultan telah menjalani beberapa kali operasi.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya