Empat Kamera ETLE Dipasang di Titik Rawan Kota Tangerang, di Mana Saja? 

Empat kamera ETLE dilengkapi fitur intelegensi video analitik, yang mampu memonitoring secara detail dan otomatis melalui data tilang elektronik yang tersimpan di pusat data.

oleh Pramita Tristiawati diperbarui 02 Agu 2023, 11:04 WIB
Diterbitkan 02 Agu 2023, 11:04 WIB
Kamera ETLE
Dinas Perhubungan dan Polres Metro Tangerang, menambah empat kamera Elektronik Traffic Law Enforment (ETLE) di kawasan jalan utama Kota Tangerang. (Liputan6.com/Pramita Tristiawati)

Liputan6.com, Tangerang - Dinas Perhubungan dan Polres Metro Tangerang, menambah empat kamera Elektronik Traffic Law Enforment (ETLE) di kawasan jalan utama Kota Tangerang.

Keempat kamera ETLE tersebut dipasang di beberapa lokasi yang dipilih berdasarkan berbagai pertimbangan. Seperti di Jalan Gatot Subroto Cimone, Jalan K.H Hasyim Ashari, Jalan Jenderal Sudirman Kebon Nanas, dan Jalan Daan Mogot, Kota Tangerang.

"Penambahan pemasangan kamera ETLE di berbagai titik lokasi ini dilakukan untuk meningkatkan penegakan peraturan lalu lintas di Kota Tangerang. Terlebih, pemilihan berbagai titik lokasi baru ini dinilai tepat, karena merupakan jalur protokol yang kerap padat kendaraan dan rawan pelanggaran lalu lintas," ungkap Kepala Dishub Kota Tangerang, Ahmad Suhaely, Rabu (2/8/2023).

Juga, untuk melengkapi penggunaan kamera ETLE di Kota Tangerang yang sebelumnya telah dilakukan uji coba di Jalan Daan Mogot atau tepatnya di depan Mc Donald Daan Mogot yang kini digeser di depan Polres Metro Tangerang Kota.

“Kami juga bersama Polres Metro Tangerang Kota berkolaborasi dalam rangka menyiapkan 4 titik kamera ETLE dan 1 kamera ETLE mobile/portabel, yang nantinya akan dihibahkan dari Pemkot Tangerang kepada Polres Metro Tangerang Kota,” ujar Suhaely.

Lalu, keempat kamera ETLE yang baru dipasang itu, saat ini belum dioperasikan secara normal. Operasionalisasi keempat kamera ETLE tersebut masih menunggu penyerahan dari Pemkot Tangerang kepada Polres Metro Tangerang Kota secara resmi, serta saat ini masih dalam proses pematangan persiapan dalam pengadaan sarana dan prasarana penunjang.

Tidak hanya itu, keempat kamera ETLE tersebut dilengkapi fitur intelegensi video analitik, yang mampu memonitoring secara detail dan otomatis melalui data tilang elektronik yang tersimpan di pusat data yang sama.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Siapkan ETLE Mobile

Selain itu, Dishub Kota Tangerang dan Polres Metro Tangerang Kota juga tengah menyiapkan kamera ETLE mobile/portabel yang akan dioperasikan untuk membantu penegakan peraturan lalu lintas di Kota Tangerang.

Kamera ETLE portabel tersebut berbentuk mobil yang dilengkapi alat dan fitur kamera yang siap ditempatkan petugas di titik-titik lokasi manapun di Kota Tangerang. Sehingga, diharapkan ketaatan lalu lintas di Kota Tangerang dapat berjalan optimal.

“Tentunya, kami berharap besar dengan adanya kamera ETLE ini dapat membangun kedisiplinan masyarakat dalam berkeamanan, berkesalamatan, dan tertib selama berlalu lintas di Kota Tangerang,” katanya.

Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis 17 Kategori Kendaraan Pengecualian di Ganjil Genap Jakarta. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya