Pemprov DKI Gelar Upacara 17 Agustus di Monas, Ada Kirab Budaya hingga Acara Hiburan

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Kamis, 17 Agustus 2023.

oleh Winda Nelfira diperbarui 16 Agu 2023, 15:52 WIB
Diterbitkan 16 Agu 2023, 15:52 WIB
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di Monas Jakarta, Senin (22/5/2023).
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono saat menjadi Inspektur Upacara peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-115 di Monas Jakarta, Senin (22/5/2023). (Foto: Pemprov DKI Jakarta)

Liputan6.com, Jakarta - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta bakal menggelar upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) RI ke-78 di Monumen Nasional (Monas), Jakarta Pusat pada Kamis, 17 Agustus 2023. Setelah itu, akan ada kirab budaya menuju Istana Merdeka.

"Besok saat 17 Agustus jam 06.30 WIB akan ada upacara di Monas. Setelah itu, seluruh karyawan yang hadir akan mengikuti arak-arakan kirab secara khidmat dari cawan Monas menuju Istana Negara," kata Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono di Balai Kota DKI, Jakarta Pusat, dikutip Rabu (16/8/2023).

Heru menyampaikan, prosesi kirab nantinya akan mengarak benda teks proklamasi asli hingga bendera pusaka merah putih. Nantinya, kata dia pasukan kirab diikuti peserta dari beragam elemen masyarakat, mulai dari pelajar hingga ibu-ibu berkebaya.

Arak-arakan kirab juga bakal dimeriahkan dengan adanya kereta kencana yang akan menambah untuk semakin menyemarakkan acara.

Selain itu, kata Heru di lokasi-lokasi tertentu di wilayah Ibu Kota, pihaknya memasang layar LED agar masyarakat dapat menyaksikan perayaan HUT ke-78 RI yang digelar di Istana Merdeka.

"Selanjutnya, Pemda DKI menyiapkan videotron di titik tertentu untuk bisa karyawan yang tadi upacara dan lainnya bisa melihat dari TV LED yang sudah disiapkan oleh Pemda DKI untuk mengikuti prosesi upacara detik-detik proklamasi di istana," jelas Heru.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Acara Hiburan untuk Masyarakat

Hardiknas
Penjabat (Pj) Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono menjadi inspektur upacara peringatan Hari Pendidikan Nasional di lingkungan Pemprov. Upacara ini dilakukan Selasa (2/5) di Sisi Silang Monas, Jakarta Pusat. (Merdeka.com)

Lebih lanjut, setelah upacara penurunan bendera, Pemprov DKI juga menyiapkan berbagai acara hiburan bagi masyarakat bertajuk "Gemilang Silang Monas" pada pukul 18.30 WIB hingga 21.00 WIB.

Adapun acara hiburan dimeriahkan aksi panggung hingga video mapping di kawasan Monas. Rangkaian acara ini akan terbuka untuk umum.

"Selesai 17.45 di Istana dilanjutkan hiburan masyarakat 18.30 di Monas, ada hiburan, video mapping dan lain-lain sampai pukul 21.00," ujar Heru.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya