Jokowi Tetapkan 6 Tokoh Ini Jadi Pahlawan Nasional

Gelar Pahlawan Nasional Diberikan berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/TK tahun 2023 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional. Jokowi lalu memberikan plakat kepada para ahli waris dari masing-masing Pahlawan Nasional.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 10 Nov 2023, 11:52 WIB
Diterbitkan 10 Nov 2023, 10:49 WIB
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan digelar di Istana Negara Jakarta, Rabu (10/11/2023).
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo atau Jokowi menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada enam tokoh yang dianggap berjasa bagi bangsa dan negara semasa hidupnya. Upacara penganugerahan digelar di Istana Negara Jakarta, Jumat (10/11/2023).

Keenam tokoh yang menjadi Pahlawan Nasional itu yakni, Ida Dewa Agung Jambe dari Bali, Bataha Santiago dari Sulawesi Utara, Mohammad Tabrani dari Jawa Timur, Ratu Kalinyamat dari Jawa Tengah, Kiai Haji Abdul Chalim dari Jawa Barat, dan Kiai Haji Ahmad Hanafiah dari Lampung.

Pemberian gelar Pahlawan Nasional berdasarkan Keputusan Presiden (Keppres) Nomor 115/TK tahun 2023 tentang Penganugerahan Pahlawan Nasional.

Jokowi lalu memberikan plakat kepada para ahli waris dari masing-masing Pahlawan Nasional.

Dalam kesempatan ini, hadir Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri BUMN Erick Thohir, Menteri Pemuda dan Olahraha Dito Ariotedjo, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas. Kemudian, Panglima TNI Laksamana Yudo Margono dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo.


Ziarah ke TMP Kalibata

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Rabu  (10/11/2023). Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. (Istimewa)
Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Rabu (10/11/2023). Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. (Istimewa)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi menjadi Inspektur Upacara Ziarah Nasional dalam rangka memperingati Hari Pahlawan, Jumat  (10/11/2023). Upacara digelar di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan.

Berdasarkan pantauan di Youtube Sekretariat Presiden, Jokowi memasuki lokasi upacara sekitar pukul 08.1WIB. Jokowi tampak didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin.

Tak lama, prosesi upacara pun dimulai dengan memberikan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengenang pertemp  Ziruran 10 November 1945 di Surabaya. Kemudian, Jokowi memimpin prosesi mengheningkan cipta untuk mengenang jasa pahlawan.

"Untuk mengenang jasa para pahlawan dan pejuang-pejuang bangsa, mengheningkan cipta dimulai," kata Jokowi.

Upacara peringatan Hari Pahlawan juga dihadiri oleh beberapa pejabat negara. Mereka antara lain, Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan Mahfud Md, Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas, Menteri PAN-RB Azwar Anas, Menteri Pertanian Amran Sulaiman.

Kemudian  Menteri Keuangan Sri Mulyani, Menteri Koperasi Teten Masduki, Panglima TNI Yudo Margono dan Kapolri Listyo Sigit Prabowo.

Dalam kesempatan ini, Jokowi juga meletakkan karangan bunga sebagai tanda penghormatan kepada arwah pahlawan. Jokowi dan Ma'ruf Amin juga melakukan proses tabur bunga di beberapa makan Pahlawan.

Infografis Journal
Infografis 10 Daftar Pahlawan Nasional Perempuan di Indonesia. (Liputan6.com/Tri Yasnie)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya