Survei Poltracking: PDIP - Gerindra Tertinggi, PPP dan PSI Terancam Gagal ke Senayan

Hanta mengatakan, partai politik yang memiliki elektabilitas di atas 1,5% masih berpotensi masuk ke parlemen.

oleh Fachrur Rozie diperbarui 11 Des 2023, 19:01 WIB
Diterbitkan 11 Des 2023, 19:01 WIB
KPU Terima Pendaftaran Partai Politik Pemilu 2024
Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari memberikan keterangan di Gedung Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI, Jakarta, Senin (1/8/2022). Pendaftaran calon partai politik (parpol) peserta Pemilu dimulai tanggal 1 hingga 14 Agustus 2022. Pada hari pertama partai yang mendaftar yakni PDIP, PKS, PKP, Partai Reformasi, Partai Nasdem, Partai Prima, Perindo, dan PBB. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Poltracking Indonesia menggelar survei bertajuk 'Pengaruh Jokowi dan Migrasi Pemilih Terhadap Peta Elektoral Terkini'. Dalam survei tersebut, PDI Perjuangan (PDIP) dan Partai Gerindra menjadi dua partai yang memperoleh elektabilitas tertinggi.

Direktur Eksekutif Poltracking Indonesia Hanta Yuda menyebut, dalam simulasi surat suara partai politik, PDIP menempati urutan nomor satu disusuh oleh Partai Gerindra dan Golkar yang menempati urutan nomor dua dan tiga.

"PDIP memperoleh elektabilitas 22,2%, diikuti Partai Gerindra 18,3%, Partai Golkar 9,8%, PKB 9,4%, Partai NasDem 8,5%, Partai Demokrat 5,8%, PKS 5,1%, PAN 4,5%," ujar Hanta Yuda dalam pemaparan surveinya, Senin (11/12/2023).

Hanta menyebut, partai di luar itu mendapatkan elektabilitas di bawah 4%, alias tidak memenuhi parliamentary threshold 4 persen. Partai yang terancam tk bisa masuk ke Senayan itu di antaranya PPP, PSI, hingga Perindo.

Hanta menyebut, dalam surveinya PPP hanya mendapatkan elektabilitas 3,4%, sementara Perindo 1,5%.

"Sementara partai politik lainnya masih di bawah 1 persen," kata dia.

Meski demikian, dia mengatakan, partai politik yang memiliki elektabilitas di atas 1,5% masih berpotensi masuk ke parlemen.

Menurut dia, semua itu tergantung para calon anggota legislatif meyakinkan masyarakat untuk memilih partai mereka.

"Faktor kerja-kerja mesin politik partai politik dan pergerakan para calon anggota legislatifnya pada masa kampanye akan sangat menentukan lolos atau tidak sebuah partai politik ke parlemen," kata Hanta.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Metodologi Survei

pemilu-ilustrasi-131024c.jpg
Ilustrasi pemilih surat suara.

Survei ini dilakukan pada tanggal 29 November hingga 5 Desember 2023 dengan menggunakan metode stratified multistage random sampling. Sampel pada survei ini adalah 1.220 responden dengan margin of error +/- 2.9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Klaster survei menjangkau 34 provinsi di seluruh Indonesia secara proporsional berdasarkan data jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) 2024. Metode sampling representasi seluruh populasi pemilih secara lebih akurat.

Pengumpulan data dilakukan oleh pewawancara terlatih melalui wawancara tatap muka dengan menggunakan teknologi aplikasi terhadap responden yang telah terpilih secara acak. Setiap pewawancara mewawancarai 10 responden untuk setiap satu desa/kelurahan terpilih.

Maksud dan tujuan dari survei ini adalah untuk mengukur peta kekuatan elektoral calon presiden (capres), calon wakil presiden (cawapres), partai politik, dan melihat pergerakan pemilih pasca tahapan masa kampanye Pilpres dilaksanakan.

Infografis KPU Tetapkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Infografis KPU Tetapkan Nomor Urut Parpol Peserta Pemilu 2024. (Liputan6.com/Trieyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya