Kereta Bandung Raya dan KA Turangga Tabrakan, KAI Evakuasi Penumpang

Kereta Api (KA) Turangga dan Commuter Line Bandung Raya mengalami kecelakaan di Kilo Meter (KM) 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024).

oleh Winda Nelfira diperbarui 05 Jan 2024, 09:20 WIB
Diterbitkan 05 Jan 2024, 09:18 WIB
KAI melakukan evakuasi para korban kecelakaan kereta api KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya
KAI melakukan evakuasi para korban kecelakaan kereta api KA Turangga vs KA Lokal Bandung Raya (dok: KAI)

Liputan6.com, Jakarta - Terjadi kecelakaan Kereta Api (KA) Turangga dan Commuter Line Bandung Raya di Kilo Meter (KM) 181+700 petak jalan antara Stasiun Haurpugur - Stasiun Cicalengka pada Jumat (5/1/2024). Tabrakan terjadi pada pukul 06.03 WIB.

"PT Kereta Api Indonesia (Persero) menyampaikan permohonan maaf atas terganggunya pelayanan akibat peristiwa Kecelakaan Kereta Api (KKA) antara KA Turangga relasi Surabaya Gubeng – Bandung dan Commuter Line Bandung Raya," kata VP Public Relations KAI Joni Martinus dalam keterangan tertulis, diterima Jumat (5/1/2024).

Imbas kejadian ini, jalur rel kereta antara Haurpugur - Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui. Joni menyatakan, upaya evakuasi terhadap penumpang yang berada di dua rangkaian kereta tengah dilakukan.

"KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang mengalami musibah tersebut," kata dia.

Lebih lanjut, Joni belum menjelaskan jumlah korban yang ada di dalam dua rangkaian kereta yang terlibat kecelakaan.

Menurutnya, KAI juga akan melakukan upaya evakuasi terhadap dua rangkaian kereta api serta melakukan perbaikan jalur rel yang mengalami kerusakan. Untuk sementara KAI akan melakukan rekayasa pola operasi.

"Bagi perjalanan KA-KA yang akan melintas di wilayah Haurpugur - Cicalengka, KAI akan melakukan upaya rekayasa pola operasi berupa jalan memutar dan pengalihan menggunakan angkutan lain," ujarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


KAI Maaf Perjalanan Jadi Terganggu

Tabrakan Kereta Api
Tabrakan Kereta Turangga dan KA lokal Bandung Raya terjadi di lintas Cicalengka-Haurpugur KM 181+700 tanggal 5 Januari 2024 pukul 06.03 WIB.

EVP of Corporate Secretary KAI Raden Agus Dwinanto Budiadji meminta maaf karena perjalanan kereta api lainnya terganggu akibat insidrn tersebut. Dia menyebut proses evakuasi gerbong tengah dilakukan.

"Jalur rel antara Haurpugur-Cicalengka untuk sementara tidak dapat dilalui akibat kecelakaan tersebut. KAI saat ini sedang berusaha melakukan upaya evakuasi kepada para penumpang di 2 KA yang menggalami musibah tersebut," kata dia dalam keterangannya, Jumat (5/1/2024).

Tabrakan kereta terjadi antara kereta lokal Commuter Line Bandung Raya dengan KA Turangga, Jumat (5/1/2024) pagi.

Informasi yang diterima, kecelakaan terjadi di Petak Jalan Haurpugur - Cicalengka terjadi sekitar pukul 06.30 WIB.

"Terima Info telah terjadi KKA (Kecelakaan Kereta Api) antara KA 350 Commuter Line dengan KA 66 Turangga," tulis Komunitas Edan Sepur IndonesiaKoordinator Wilayah 2 Bandung Raya.

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya