Gibran Mundur dari Wali Kota Solo, Prabowo Tetap Lanjut Menhan

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku, jika dirinya tidak mengetahui langkah selanjutnya Gibran.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 17 Jul 2024, 04:15 WIB
Diterbitkan 17 Jul 2024, 04:15 WIB
Prabowo-Gibran mendaftar Pilpres 2024
Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Liputan6.com, Jakarta - Gibran Rakabuming Raka resmi mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo, Selasa (16/7). Wakil Presiden Terpilih periode 2024-2029 ini telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo.

Menanggapi hal itu, Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad mengaku, jika dirinya tidak mengetahui langkah selanjutnya Gibran. Apakah akan langsung ke Jakarta dan tinggal atau tetap berada di Solo.

"Bahwa mengenai masalah mundurnya Mas Gibran itu nanti rencana selanjutnya kemana nanti, kita enggak tahu, silahkan ditanyakan ke Mas Gibran," kata Dasco saat dihubungi, Selasa (16/7).

Kemudian, saat disinggung soal Apakah Prabowo Subianto sebagai presiden terpilih periode 2024-2029 ini akan ikut mundur juga dari jabatannya seperti Gibran.

Ia menyebut, Ketua Umum Partai Gerindra itu akan tetap menjadi atau menjabat Menteri Pertahanan (Menhan) hingga dirinya resmi dilantik pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Kemudian bahwa juga ada putusan MK bahwa menteri yang mencalonkan itu sebagai presiden tidak harus mundur. Ya artinya tidak keharusan menteri yang mencalonkan mundur, apalagi kemudian sudah terpilih menjadi presiden," jelasnya.

"Nah, sehingga biarkan Pak Prabowo menyelesaikan tugas-tugasnya sampai dengan nanti dilantik (jadi presiden terpilih)," pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Mengundurkan Diri

Sebelumnya, Gibran Rakabuming Raka resmi mengajukan pengunduran diri sebagai Wali Kota Solo, Selasa (16/7). Wakil presiden terpilih ini telah menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo.

Didampingi Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa dan Sekda Kota Solo Budi Murtono, Gibran tiba di Gedung DPRD Solo pada pukul 14.44 WIB.

Putra sulung Presiden Joko Widodo langsung menyerahkan berkas surat yang dikemas dalam map bertuliskan Wali Kota Solo dan diterima Ketua DPRD Solo Budi Prasetyo didampingi sejumlah Wakil Ketua DPRD.

"Hari ini kami mengantarkan surat pengunduran diri kepada Bapak Ketua DPRD Kota Surakarta. Dan untuk selanjutnya agar diproses sesuai mekanisme yang ada," ungkap Gibran.


Persiapan

Dia mengungkapkan alasan pengunduran dirinya. Selain untuk persiapan menjelang pelantikan Presiden dan Wakil Presiden ada beberapa hal yang harus dipersiapkan dari sekarang.

"Selain untuk persiapan pelantikan yang masih di tanggal 20 Oktober nanti, tentunya banyak hal yang harus kami persiapkan dari sekarang," katanya.

"Saya mohon doa dari teman-teman semua, semoga semua dilancarkan," pungkasnya.

Infografis Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prabowo-Gibran Menang 1 Putaran Pilpres 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya