Pemkot Cilegon Turunkan Kasus Stunting Lewat Program Bapak atau Bunda Asuh Anak Stunting

Pemerintah Kota Cilegon terus berkomitmen dan berupaya keras untuk menekan angka stunting setiap tahunnya.

oleh Gilar Ramdhani diperbarui 23 Jul 2024, 16:18 WIB
Diterbitkan 23 Jul 2024, 16:18 WIB
Pemkot Cilegon Turunkan Kasus Stunting Lewat Program Bapak atau Bunda Asuh Anak Stunting,
Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester I Tahun 2024, di Aula Setda II Kota Cilegon, Selasa 23 Juli 2024.

Liputan6.com, Cilegon Pemerintah Kota Cilegon melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk, dan Keluarga Berencana (DP3AP2KB) menyelenggarakan Diseminasi Audit Kasus Stunting Semester I Tahun 2024, di Aula Setda II Kota Cilegon, Selasa 23 Juli 2024. Acara ini dibuka secara langsung oleh Sekretaris Daerah Kota Cilegon Maman Mauludin.

Dalam sambutannya, Sekda Maman Mauludin mengungkapkan bahwa Pemerintah Kota Cilegon akan terus berkomitmen dan berupaya keras untuk menekan angka stunting setiap tahunnya. Komitmen ini penting mengingat stunting bukan hanya berdampak pada pertumbuhan fisik anak, melainkan juga pada perkembangan dan produktivitas masa depan anak.

"Kami akan terus memberikan pemahaman kepada masyarakat terkait pencegahan agar tidak ada lagi kasus stunting. Kami akan terus berupaya agar kasus stunting di Kota Cilegon dapat terus menurun setiap tahunnya," kata Maman.

Maman menjelaskan, salah satu langkah konkret yang sudah berjalan yaitu program Bapak atau Bunda Asuh Anak Stunting, dimana program tersebut bertujuan untuk mencegah bertambahnya jumlah anak stunting di Kota Cilegon dengan memberikan bantuan pemenuhan gizi dan nutrisi kepada anak-anak dari keluarga berisiko stunting.

"Program Bapak atau Bunda Asuh Anak Stunting di Kota Cilegon ini sudah berjalan sesuai dengan arahan dari Pak Wali. Kami memberikan bantuan kepada anak-anak dari keluarga yang berisiko stunting dengan memenuhi kebutuhan gizi dan nutrisinya," jelasnya.

Selain program Bapak atau Bunda Asuh, Pemkot Cilegon telah membentuk tim percepatan penurunan stunting yang bertugas melakukan intervensi spesifik maupun intervensi sensitif melalui kolaborasi dan sinergitas dengan berbagai lintas sektor terkait.

"Harapannya dengan melakukan intervensi spesifik maupun intervensi sensitif melalui kolaborasi dan sinergitas berbagai lintas sektor, penurunan stunting akan tercapai sesuai dengan target yang ditentukan," imbuhnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Angka Stunting di Cilegon Menurun

Sementara itu, Kepala DP3AP2KB Kota Cilegon, Lia Nurlia Mahatma, mengatakan program pengentasan stunting merupakan salah satu kerangka pembangunan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang sangat strategis karena berhubungan langsung dengan penyiapan generasi masa depan.

"Permasalahan stunting mempunyai dampak merugikan baik dari sisi kesehatan maupun produktivitas anak yang bisa dialami dalam jangka pendek maupun jangka panjang. Oleh karena itu kami akan terus berupaya agar bisa menekan stunting di Kota Cilegon ini," ungkapnya.

Lia juga menjelaskan bahwa kegiatan Audit Kasus Stunting ini merupakan salah satu strategi dalam percepatan penurunan angka stunting di Kota Cilegon.

"Audit kasus stunting sudah kita laksanakan sejak 2 Mei hingga 16 Mei 2024 dengan melibatkan sasaran audit yaitu calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, ibu nifas dan balita. Dari 944 kasus stunting 313 orang kita jadikan sampel dengan rinciannya yaitu 140 anak balita, 99 ibu hamil, 43 ibu nifas, dan 31 calon pengantin," jelasnya.

Diketahui, angka stunting di Kota Cilegon sudah mengalami penurunan. Bila pada validasi Februari 2023 mencapai 1.144 kasus, lalu validasi Agustus 2023 menjadi 944 kasus dan pada validasi terbaru Februari 2024 menjadi 876 kasus.

 

(*)

Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya