Jaringan Internet Jadi Pendorong Kemajuan Pembangunan IKN

Internet yang baik akan menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan bagi IKN dan berbagai daerah penunjang yang ada di sekitarnya.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 26 Jul 2024, 10:08 WIB
Diterbitkan 25 Jul 2024, 19:47 WIB
Kesiapan IKN Menggelar Upacara Peringatan HUT ke-79 Republik Indonesia
Istana Kepresidenan Indonesia di Ibu Kota Nusantara, Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur(Yasuyoshi CHIBA/AFP)

Liputan6.com, Jakarta - Pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) terus berproses. Salah satunya melalui jaringan internet. Ketua Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet (APJII) Kalimantan Timur, Vicky memastikan partisipasinya untuk mendukung tumbuh kembang IKN.

“Kami berkomitmen mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) dengan memastikan hadirnya konektivitas yang handal melalui ketersediaan infrastruktur digital yang berkualitas tinggi,” kata Vicky melalui siaran pers diterima.

Vicky meyakini, internet yang baik akan menjadi pondasi bagi pertumbuhan ekonomi dan pembangunan yang berkelanjutan bagi IKN dan berbagai daerah penunjang yang ada di sekitarnya. “Kami akan terus melakukan ekspansi perluasan jangkauan jaringan secara masif dan bertahap dalam rangka menopang proses digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi lokal untuk mendukung pembangunan Ibu Kota Nusantara di Kalimantan Timur,” ungkap pria yang juga menjabat sebagai CEO dari PT. Comtelindo ini. Vicky pun memastikan, secara bertahap pihaknya akan melalukan akselarasi digitalisasi dan pertumbuhan ekonomi dalam menunjang pembangunan IKN.

Caranya, dengan memperluas jaringan fiber optik berkecepatan tinggi ke berbagai wilayah di Kalimantan Timur, termasuk area yang akan menjadi bagian dari IKN.

“Kami memastikan bahwa semua instansi pemerintah, bisnis, dan penduduk di wilayah ini dapat menikmati akses internet yang stabil dan cepat anti lelet,” dia menandasi.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Stafsus Presiden: Pembangunan IKN 15 Persen

Diketahui, Staf Khusus Presiden, Grace Natalie, memberikan penjelasan mengenai pernyataan Presiden Joko Widodo atau Jokowi terkait pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) yang sudah akan mencapai 15 persen saat peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia pada 17 Agustus 2024 mendatang.

Grace menjelaskan bahwa progres 15 persen tersebut mencakup total keseluruhan pembangunan di IKN.

"IKN ini kan program jangka panjang, bisa 15-20 tahun (pembangunannya). Saat ini merupakan fase pertama (2022-2024). Jadi 15 persen itu dari keseluruhan," ucap Grace Natalie kepada wartawan, Rabu (17/7/2024).

Menurut Grace, pembangunan IKN memang memerlukan waktu yang lama karena luasnya empat kali lipat dari Jakarta. Pada fase pertama, pembangunan akan difokuskan pada Istana Negara, gedung-gedung kementerian, serta infrastruktur penunjang seperti air dan listrik.

"IKN itu luasnya 4 kali jakarta, ini proyek besar sekali," ujar dia.

 

Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Prosesi dan Perkemahan Jokowi di Titik Nol IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya