Bertemu Vladimir Putin, Prabowo Dorong Adanya Penerbangan Langsung Rusia-Bali

Prabowo menyebut saat ini masih menunggu persetujuan dari Kemlu perihal pembukaan kantor konjen Rusia di Bali. Namun, ia menyebut pemerintah Indonesia telah siap membuka jalur penerbangan langsung dari Rusia ke Bali.

oleh Delvira Hutabarat diperbarui 01 Agu 2024, 10:06 WIB
Diterbitkan 01 Agu 2024, 10:06 WIB
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow, Rabu 31 Juli 2024, pada Rabu (31/7/2024).
Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto saat bertemu Presiden Vladimir Putin di Moskow, Rabu 31 Juli 2024, pada Rabu (31/7/2024). (Dok. Istimewa)

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Pertahanan (Menhan) RI Prabowo Subianto sekaligus Presiden terpilih 2024-2029 menyampaikan secara langsung kepada Presiden Rusia, Vladimir Putin mengenai rencana dibukanya penerbangan langsung dari Rusia ke Bali, untuk menunjang persiapan pembukaan Konsulat Jenderal (Konjen) Rusia di pulau Dewata. 

Hal itu sebagaimana disampaikan Prabowo saat bertemu dengan Presiden Putin di Moskow, Rabu 31 Juli 2024.

“Di bidang pariwisata kami baru saja menyetujui penerbangan langsung ke Bali,  dan kami juga menyambut baik pembukaan Konsulat Jenderal Rusia di Bali,” kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Meski demikian, Prabowo menyebut saat ini masih menunggu persetujuan dari Kementerian Luar Negeri perihal pembukaan kantor konjen Rusia di Bali. Namun, ia menyebut pemerintah Indonesia telah siap membuka jalur penerbangan langsung dari Rusia ke Bali. 

“Rencana pembukaan Konsulat Jenderal Rusia di Bali kami mendukung penuh itu, dan kami mendukung penerbangan langsung dari Rusia baik melalui Aeroflot maupun Russian Airlines,” kata Prabowo.

Menurut Prabowo, hal itu diputuskan untuk menunjang peningkatan beragam kerja sama antara Indonesia dan Rusia.

“Khusunya di sektor pariwisata,” pungkasnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Kerja Sama Pendidikan RI-Rusia

Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih RI, Prabowo bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow.
Menteri Pertahanan (Menhan) sekaligus Presiden Terpilih RI, Prabowo bertemu Presiden Rusia Vladimir Putin di Moskow. (Dok. Istimewa)

Dalam pertemuan tersebut, Prabowo juga menekankan pentingnya kerja sama pendidikan antara Indonesia dan Rusia.

“Saya berencana untuk memulai program beasiswa besar-besaran untuk mengirim siswa kami ke luar Indonesia,” kata Prabowo dikutip dari keterangan tertulis, Kamis (1/8/2024).

Presiden Indonesia terpilih tersebut mengatakan bahwa Indonesia akan mengutamakan pelatihan medis.

“Karena kami kekurangan 116.000 dokter, dokter medis. Jadi kami ingin, jika memungkinkan untuk mengirim beberapa dari remaja kami untuk belajar di Universitas Rusia,” lanjut Prabowo.

Untuk itu, ia berencana mengalokasikan anggaran khusus untuk beasiswa, seperti yang dilakukan pada era tahun 1960-an.

“Kami melihat Rusia adalah salah satu negara utama kami yang ingin kami kirimkan putra-putri kami untuk belajar. Faktanya, pada tahun enam puluhan kami mengirimkan banyak generasi muda kami untuk belajar di sini, itu tentang pendidikan,” kata dia.   


Bertemu Erdogan

Prabowo sebelumnya bertemu Presiden Turki, Recep Tayyip Erdogan di Istana Kepresidenan Turki, Ankara, Selasa, (30/7/2024) . Dia disambut upacara kenegaraan dan Erdogan menyambut langsung kedatangan Prabowo.

Keduanya lalu berjabat tangan dengan hangat,  kemudian berjalan bersama menuju Istana. 

Dalam kesempatan itu, Erdogan memberikan selamat atas terpilihnya Prabowo sebagai  presiden. Ia berharap Prabowo dapat kembali berkunjung ke negaranya usai pelantikan. 

Prabowo pun merasa terhormat disambut baik di Turki.

"Merupakan suatu kehormatan besar bagi saya untuk diterima oleh Yang Mulia Recep Tayyip Erdogan, Presiden Republik Turkiye, untuk membahas hubungan bilateral kita yang komprehensif," kata Prabowo. 

Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Naikkan Pangkat Prabowo Jadi Jenderal Kehormatan TNI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya