Istana: Pengibaran Bendera saat HUT ke-79 RI Hanya Dilakukan di IKN

HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 03 Agu 2024, 09:57 WIB
Diterbitkan 03 Agu 2024, 09:57 WIB
20150817-Presiden Jokowi Pimpin Upacara HUT RI ke-70 di Istana -Jakarta
Anggota Pasukan Pengibar Bendera (Paskibraka) melakukan upacara penaikan bendera Merah Putih dalam rangka Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi 17 Agustus di halaman Istana Merdeka, Jakarta, Senin (17/8/2015). (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta - Upacara HUT ke-79 RI pada 17 Agustus 2024 akan dilakukan di dua lokasi yakni, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dan Halaman Istana Merdeka Jakarta. Namun, prosesi pengibaran bendera pusaka nantinya hanya dilakukan di IKN saja.

Tamu undangan yang menghadiri upacara di halaman Istana Merdeka akan menyaksikan prosesi pengibaran bendera merah putih di IKN. Bendera merah putih di halaman Istana Merdeka juga sudah dikibarkan sejak pagi, sebelum upacara tanpa ada prosesi khusus.

"Betul (pengibaran bendera hanya ada di IKN)," kata Sekretaris Kementerian Sekretariat Negara, Setya Utama kepada wartawan, Sabtu (3/8/2024).

Nantinya, upacara HUT ke-79 RI akan dipusatkan di IKN, dimana Presiden Joko Widodo atau Jokowi yang akan menjadi Inspektur Upacara. Jokowi akan didampingi Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

Sementara itu, Wapres Ma'ruf Amin bersama Wapres terpilih, Gibran Rakabuming Raka akan upacara di Halaman Istana Merdeka. Upacara sendiri akan dimulai pukul 10.00 WIB atau 11.00 WITA.

Setya menyampaikan Paskibraka HUT ke-79 RI akan dikukuhkan Jokowi di IKN, sebelum prosesi pengibaran bendera merah putih. Dia menuturkan Paskibraka yang bertugas pada HUT ke-78 RI akan bertugas melakukan kiran duplikat bendera pusaka dari Monas menuju IKN.

"Pengukuhan di IKN. Tidak ada opsi menugaskan purna Paskibraka 2023. Purna Paskibraka 2023, seperti juga tahun-tahun sebelumnya, akan bertugas pada kirab Duplikat Bendera Pusaka," jelas Setya.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Hanya Siapkan 2.000 Undangan di IKN

Sebelumnya, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono mengatakan pihaknya hanya menyiapkan 2.000 undangan untuk upacara HUT ke-79 Kemerdekaan RI di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur. Pasalnya, sarana dan prasarana di IKN masih terbatas.

Nantinya, Istana akan membagi undangan untuk dua sesi yakni, 1.000 undangan untuk upacara pengibaran bendera pagi hari. Sementara itu, 1.000 undangan lainnya untuk upacara penurunan bendera sore hari.

"Semua ada keterbatasan, maka dari itu di IKN maupun di Jakarta upacara penyelenggaraan 17 Agustus dengan undangan kurang lebih di IKN kami mempersiapkan 1.000 di pagi hari, sore hari 1.000 plus yang 380 di main hall," jelas Heru sebagaimana disiarkan di Youtube Sekretariat Presiden, Jumat (2/8/2024).

Selain di IKN, pemerintah juga menggelar HUT ke-79 RI di Halaman Istana Merdeka dengan jumlah tamu undangan sebanyak 3.000 orang. Upacara di Istana Merdeka akan mengikuti prosesi upacara kemiliteran di IKN.

"Untuk di Jakarta 1.500 (undangan) pagi dan 1.500 sore," ujarnya.

Heru menyampaikan pihaknya juga akan menyediakan lokasi tambahan di luar Halaman Istana Merdeka ya dapat menampung 1.500 tamu undangan. Masyarakat yang tidak dapat menghadiri upacara HUT ke-79 RI bisa menyaksikan dari lokasi tersebut.

"Yang tidak tertampung di IKN tentunya kami juga mengharapkan bisa diundang juga di Jakarta jadi acara 17 Agustus nanti tanggal 17 ada di dua tempat (IKN dan Istana Merdeka)," ucap Heru.


Siapkan Lokasi Tambahan di Luar Istana

Heru menyampaikan pihaknya juga akan menyediakan lokasi tambahan di luar Halaman Istana Merdeka ya dapat menampung 1.500 tamu undangan. Masyarakat yang tidak dapat menghadiri upacara HUT ke-79 RI bisa menyaksikan dari lokasi tersebut.

"Yang tidak tertampung di IKN tentunya kami juga mengharapkan bisa diundang juga di Jakarta jadi acara 17 Agustus nanti tanggal 17 ada di dua tempat (IKN dan Istana Merdeka)," ucap Heru.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya