Beredar Info Naik Mikrotrans Tak Lagi Gratis, Dishub Jakarta: Hoaks

Beredar di media sosial selebaran soal penyesuaian tarif naik Mikrotrans.

oleh Winda Nelfira diperbarui 05 Agu 2024, 23:32 WIB
Diterbitkan 05 Agu 2024, 23:32 WIB
Budaya Tertib Antre Para Pengguna Mikrotrans JakLingko
Para calon penumpang antre menunggu giliran untuk naik transportasi layanan angkutan umum JakLingko di Stasiun Klender Baru, Pondok Kopi, Jakarta, Senin (19/2/2024). (merdeka.com/Imam Buhori)

Liputan6.com, Jakarta - Beredar di media sosial selebaran soal penyesuaian tarif naik Mikrotrans. Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta memastikan informasi yang beredar tersebut hoaks atau berita bohong.

"Sehubungan dengan pemberitaan yang beredar mengenai tarif Mikrotrans, Dinas Perhubungan Provinsi DKI Jakarta menyampaikan bahwa pemberitaan tersebut adalah salah," kata Kepala Dishub DKI Jakarta Syafrin dalam keterangannya, dikutip Senin (5/8/2024).

Adapun Mikrotrans adalah sebutan untuk salah satu moda transportasi di Jakarta berupa mobil angkutan perkotaan atau angkot.

Angkutan Mikrotrans terintegrasi dengan JakLingko sebagai sistem pembayaran elektronik yang bisa digunakan saat naik Mikrotrans. Warga yang naik Mikrotrans tak dikenai tarif atau Rp0.

"Penyebutan JakLingko tidak tepat untuk angkutan Mikrotrans. JakLingko merupakan sistem pembayaran, sedangkan angkutannya disebut Mikrotrans," ucap Syafrin.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Akses Medsos Resmi

Syafrin menyampaikan, agar warga yang membutuhkan informasi seputar lalu lintas dan transportasi di Jakarta dapat mengakses akun resmi media sosial milik Dishub DKI Jakarta.

Diketahui, dalam informasi yang ramai di media sosial What's App beredar sebuah infografis yang memperlihatkan tarif JakLingko berubah. Mikrotrans disebut tak lagi gratis.

"Saat ini layanan JakLingko tidak lagi gratis. Tarif ditentukan berdasarkan jenis kartu yang dimiliki," demikian informasi yang beredar tersebut.


Tarif Hoaks

Tarif Mikrotrans yang diklaim beragam. Rinciannya, Kartu JakLingko Utama Rp 3.500, Kartu JakLingko Anak Rp 1.750, Kartu JakLingko Lansia Rp 1.750 Kartu JakLingko Disabilitas Rp 1.750; dan Kartu JakLinko Non-DKI Rp 5.000.

Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara
Infografis Misi Agustus 2024 Upacara HUT RI di Halaman Istana IKN Nusantara (Liputan6.com/Triyasni)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya