4 Janji Prabowo Terkait Pembangunan IKN Sebelum Sidang Paripurna Perdana di Istana Garuda Kaltim

Presiden terpilih periode 2024-2029 Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto menyampaikan sejumlah janji terkait Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) di hadapan Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi).

oleh Devira Prastiwi diperbarui 13 Agu 2024, 15:16 WIB
Diterbitkan 13 Agu 2024, 15:00 WIB
Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Jakarta - Presiden terpilih periode 2024-2029 Republik Indonesia (RI) Prabowo Subianto menyampaikan sejumlah janji terkait Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur (Kaltim) di hadapan Presiden Joko Widodo (Presiden Jokowi).

Salah satunya, Prabowo berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan IKN di Kaltim. Prabowo memastikan pembangunan IKN yang dimulai di pemerintahan Presiden Jokowi tidak akan mangrak.

Hal tersebut disampaikan Prabowo kepada wartawan sebelum menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN, Senin 12 Agustus 2024. Prabowo berbicara hal tersebut di depan Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan (pembangunan IKN) ya," kata Prabowo di Kawasan Embung MBH IKN, Kaltim, Senin 12 Agustus 2024.

Meskipun proses penyelesaiannya bisa memakan waktu hingga puluhan tahun, Prabowo berkomitmen agar IKN di 5 tahun masa pemerintahannya bakal difungsikan dengan baik.

"Oh pasti kita selesaikan. Walaupun memang rencana garis besarnya kalau tidak salah belasan tahun untuk (diselesaikan), kalau tidak salah pernah disebut berapa puluh tahun. Sebagaimana ibu kota negara lain juga sangat panjang," terang Prabowo.

Dia menilai, Jokowi telah mengambil keputusan bersejarah dengan menginisiasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, Prabowo berkomitmen melanjutkan dan menyelesaikannya.

"Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," ucap Prabowo.

Berikut sederet janji Prabowo di depan Presiden Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya terkait pembangunan IKN Kaltim dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Janji Selesaikan Pembangunan IKN

Jokowi dan Prabowo di IKN
Presiden Jokowi dan Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjalan santai dan berbincang bersama di jalan depan Istana Garuda, Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Momen ini terjadi sesaat menjelang rapat kabinet perdana di IKN. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Presiden terpilih periode 2024-2029 Republik Indonesia (RI), Prabowo Subianto berjanji akan menyelesaikan proyek pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur.

Prabowo memastikan pembangunan IKN yang dimulai di pemerintahan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tidak akan mangrak.

Hal ini disampaikan Prabowo kepada wartawan sebelum menghadiri sidang kabinet paripurna perdana di Istana Garuda IKN, Senin 12 Agustus 2024. Prabowo berbicara hal tersebut di depan Jokowi dan para kabinet Indonesia Maju lainnya.

"Saya kira sudah berkali-kali saya sampaikan bahwa saya bertekad untuk melanjutkan kalau bisa menyelesaikan (pembangunan IKN) ya," kata Prabowo di Kawasan Embung MBH IKN, Senin 12 Agustus 2024.

Meskipun proses penyelesaiannya bisa memakan waktu hingga puluhan tahun, Prabowo berkomitmen agar IKN di 5 tahun masa pemerintahannya bakal difungsikan dengan baik.

"Oh pasti kita selesaikan. Walaupun memang rencana garis besarnya kalau tidak salah belasan tahun untuk (diselesaikan), kalau tidak salah pernah disebut berapa puluh tahun. Sebagaimana ibu kota negara lain juga sangat panjang," terang Prabowo.

"Kita juga tidak boleh memaksakan, tapi kalau optimis di 5 tahun saya kira sudah berfungsi dengan sangat baik," sambung dia.

 


2. Optimis Pembangunan IKN, Meski Selesai Keseluruhannya Memakan Waktu Lama

Di Depan Jokowi, Prabowo Janji Selesaikan Pembangunan IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berjanji di depan Presiden Jokowi akan melanjutkan dan menyelesaikan pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur. Hal ini disampaikan Prabowo sebelum menghadiri rapat kabinet perdana di IKN, Senin (12/8/2024). (Foto: Youtube: Sekretariat Presiden)

Jokowi telah mengambil keputusan bersejarah dengan menginisiasi pembangunan ibu kota baru di Kalimantan Timur. Untuk itu, Prabowo berkomitmen melanjutkan dan menyelesaikannya.

"Pak Jokowi saya kira sudah mengambil peran sejarah beliau yang inisiasi, minimal saya lanjutkan kalau bisa saya ikut yang menyelesaikan," ucap dia.

Menteri Pertahanan itu menyadari bahwa IKN merupakan proyek besar yang tak dapat selesai dalam waktu cepat. Namun, Prabowo meyakini fungsi IKN sebagai ibu kota negara dapat berjalan dalam tiga tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat. Tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun, fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," kata dia.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," sambung Prabowo Subianto.

 


3. Yakin IKN Selesai Tepat Waktu, Sebut Empat Tahun Lagi Bisa Berfungsi

Prabowo Subianto Hadiri Rapimnas Partai Gerindra
Diberitakan sebelumnya, bakal calon presiden dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) Prabowo Subianto telah mengumumkan secara langsung nama pendampingnya sebagai calon wakil presiden dari KIM pada Minggu 22 Oktober 2023 di Rumah Kertanegara Jakarta. Nama tersebut adalah Gibran Rakabuming Raka. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Prabowo Subianto meyakini pembangunan Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur akan selesai tepat waktu. Ia optimistis IKN dapat mulai berfungsi pada empat tahun kedepan.

"Kita juga tidak boleh memaksakan tapi kalau saya optimis ya dalam 4-5 tahun saya kira sudah berfungsi dengan sangat baik. Saya bukan ahli teknik, tapi saya lihat potensinya, saya yakin 5-6 tahun akan bagus, selesai," kata Prabowo.

Prabowo pun menyampaikan komitmen pemerintahannya melanjutkan pembangunan IKN yang dinisiasi Presiden Joko Widodo atau Jokowi. Bahkan, dia siap mengerahkan pakar-pakar untuk mempercepat pembangunan IKN.

"Jadi ya memang pembangunan ini berjalan dan harus terus kalau bisa kita percepat ya kalau bisa tapi tentunya nanti pakar-pakar semua dikerahkan, semua kemampuan kita. Kalau saya optimistis saya lihat ya saya kira bagus sekali," papar dia.

 


4. Siap Berkantor di IKN Usai Dilantik Jadi Presiden

Jokowi dan Prabowo di Depan Istana IKN
Presiden terpilih 2024-2029 Prabowo Subianto berbincang bersama Presiden Jokowi di depan Istana Garuda Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kalimantan Timur, Senin (12/8/2024). Momen ini terjadi sesaat menjelang rapat kabinet perdana di IKN. (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Prabowo Subianto menyatakan siap berkantor di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, usai dilantik menjadi Presiden Republik Indonesia pada 20 Oktober 2024.

Sebagai seorang presiden, Prabowo mengaku harus berada di ibu kota negara.

"Kalau ibu kota, ya presiden ada di ibu kota," kata Prabowo.

Menteri Pertahanan itu pun menyampaikan komitmennya untuk melanjutkan dan menyelesaikan proyek pembangunan IKN, yang dimulai di pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia pun menargetkan IKN dapat mulai berfungsi pada tiga tahun ke depan.

"Walaupun kita sadar pembangunan ibu kota itu bukan pekerjaan yang sebentar ya, pekerjaan yang lama, yang berat, tapi saya percaya dalam 3, 4, 5 tahun fungsi daripada ibu kota ini sudah bisa berjalan ya," ucap Prabowo.

"Saya kira kalau kita lihat, optimis ya, dan nanti akan kelihatan betapa manfaat daripada pemindahan ini. Walaupun nanti tentunya banyak yang masih harus kita kerjakan," sambung ketua umum Partai Gerindra tersebut.

Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Progres Pembangunan Istana Negara di IKN Nusantara. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya