3 Pernyataan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri Usai Usung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi di Pilkada Banten 2024

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024.

oleh Devira Prastiwi diperbarui 27 Agu 2024, 18:25 WIB
Diterbitkan 27 Agu 2024, 18:25 WIB
PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (Ketum PDIP) Megawati Soekarnoputri mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024. (Ist).

Liputan6.com, Jakarta - Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri menyerahkan secara langsung surat rekomendasi dukungan partai kepada sejumlah bakal calon gubernur di Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada 2024.

Salah satu yang diumumkan adalah PDIP mengusung Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024. Usai mengumumkan, Megawati menyampaikan sejumlah hal terkait Pilkada Banten 2024.

Presiden Kelima RI itu menyinggung kader Golkar itu untuk masuk ke PDIP.

"Nanti, semuanya saya ajarin itu, siapa yang ndak mau nurut, out, gitu aja. Saya pusing. Karena maunya mau ikut jadi PDI Perjuangan atau mau dompleng aja? Gitu lho, saya gak mau lagi, ya kalau konsisten aja, kalau mau jadi masuk PDI perjuangan ya jadi dengan namanya lahir batin itu ya rohnya roh PDI perjuangan," tutur Megawati Soekarnoputri di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2024.

"Saya tadi nanya itu, Mbak Airin, ya, nanti musti pakai ini lho merah hitam lho. Iyalah mau dijadikan tapi coba masa nggak pakai merah hitam, ya gimana, terus maunya gimana? Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen, betul nggak?," sambung dia.

Kemudian, Megawati memberi perhatian terhadap nasib anak-anak yatim piatu. Oleh karena itu, Megawati memerintahkan bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany untuk menuntaskan permasalahan anak yatim piatu di Banten.

Megawati mengaku tidak segan bertanya apabila ingin mengetahui jumlah anak yatim di Banten. Dia pun mempersilakan Airin untuk keluar dari kontestasi Pilkada Banten 2024 jika tidak mengetahui jumlah anak yatim di Banten.

"Sama Ibu Airin. Kalau enggak bisa jawab, berapakah banyaknya anak yatim piatu (Banten)? Kalau enggak bisa jawab, out!," tegas Megawati.

Berikut sederet pernyataan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri usai menyerahkan secara langsung surat rekomendasi dukungan Airin Rachmi Diany-Ade Sumardi untuk maju di Pilkada Banten 2024 dihimpun Liputan6.com:

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


1. Singgung Airin Nanti Mesti Pakai Merah Hitam

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Surat rekomendasi diberikan langsung oleh Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarnoputri. (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Ketua Umum (Ketum) Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri resmi menyerahkan surat rekomendasi dukungan kepada Airin Rachmi Diany sebagai bakal calon gubernur di Pilkada Banten 2024. Presiden Kelima RI itu menyinggung kader Golkar itu untuk masuk ke PDIP.

"Nanti, semuanya saya ajarin itu, siapa yang ndak mau nurut, out, gitu aja. Saya pusing. Karena maunya mau ikut jadi PDI Perjuangan atau mau dompleng aja? Gitu lho, saya gak mau lagi, ya kalau konsisten aja, kalau mau jadi masuk PDI perjuangan ya jadi dengan namanya lahir batin itu ya rohnya roh PDI perjuangan," tutur Megawati di Kantor DPP PDIP, Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin 26 Agustus 2024.

"Saya tadi nanya itu, Mbak Airin, ya, nanti musti pakai ini lho merah hitam lho. Iyalah mau dijadikan tapi coba masa nggak pakai merah hitam, ya gimana, terus maunya gimana? Terus maunya jadi apa? Independen? Ya cari independen, betul nggak?," sambungnya.

Megawati menyatakan, para calon yang enggan mengikuti aturan PDIP dapat menggunakan jalur independen.

"Betul. Lho itu fair lho, iya dong, kalau mau masuk sebuah partai ya masuk, kalau ndak ya enggak. Kan sekarang masih berlaku ya independen," kata Megawati.

 


2. Cecar Airin soal Anak Yatim dan Stunting di Banten

60 Bakal Calon Kepala Daerah Terima Surat Rekomendasi dari PDIP
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Megawati Soekarnoputri (tengah) berfoto dengan enam pasang bakal calon gubernur dan bakal calon wakil gubernur usai memberikan surat rekomendasi partai di kantor Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDI Perjuangan, Jakarta, Senin (26/8/2024). (Liputan6.com/Angga Yuniar)

Kemudian, Megawati Soekarnoputri memberi perhatian terhadap nasib anak-anak yatim piatu. Oleh karena itu, Megawati memerintahkan bakal calon gubernur Banten Airin Rachmi Diany untuk menuntaskan permasalahan anak yatim piatu di Banten.

Megawati mengaku tidak segan bertanya apabila ingin mengetahui jumlah anak yatim di Banten. Dia pun mempersilakan Airin untuk keluar dari kontestasi Pilkada Banten 2024 jika tidak mengetahui jumlah anak yatim di Banten.

"Sama Ibu Airin. Kalau enggak bisa jawab, berapakah banyaknya anak yatim piatu (Banten)? Kalau enggak bisa jawab, out!," tegas Megawati.

Menurut Megawati, Airin harus bisa memikirkan nasib anak yatim piatu di daerahnya. Sebab, anak yatim harus ditanggung oleh negara sebagai bagian dari generasi penerus bangsa.

"Ya dong. Pikirin dong. Itu kan yang namanya apa, generasi baru bangsa loh. Kan saya suka nanya," ucap Megawati.

 


3. Mewanti-wanti Airin Tepati Segala Janji Kampanye

Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Senin (26/8/2024).
Ketua Umum Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Megawati Soekarnoputri di kantor DPP PDIP, Senin (26/8/2024). (Liputan6.com/ Nanda Perdanaputra)

Di sisi lain, Megawati juga mewanti-wanti kepada Airin untuk menepati segala janji kampanyenya. Karena, Airin bersama Ade Sumardi telah diusung oleh PDIP maka harus memikirkan kondisi rakyat.

"Airin! Ngomong yang keras! (sambil menunjuk ke arah Airin yang duduk di barisan depan) Iya, dong. Kalau lo udah masuk PDIP, awas lo, ye," kata Megawati.

Tidak hanya soal anak yatim, Megawati juga meminta Airin memprioritaskan agenda menghilangkan stunting apabila terpilih dan memenangi Pilkada Banten 2024.

"Masih banyak itu anak stunting. Nanti kalau Ibu Airin cepat-cepat itu, yang namanya Banten, kalau jadi situ, ya, stunting kok pakai persen-persen. Stunting itu, ya, nol," jelas Megawati.

Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Menanti Megawati Umumkan Bakal Calon di Pilkada Jakarta, Pilgub Jateng dan Jatim 2024. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya