Polri Mulai Sterilisasi GBK, Kawal 80 Ribu Umat Katolik Ibadah Misa Akbar Paus Fransiskus

Kawasan Stadion Utama GBK, Senayan telah disterilisasi untuk sekitar 80 ribu umat Katolik yang akan mengikuti ibadah Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, Kamis sore ini.

oleh Nanda Perdana Putra diperbarui 05 Sep 2024, 15:36 WIB
Diterbitkan 05 Sep 2024, 15:36 WIB
Hampir 90 ribu umat Katolik memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengikuti Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)
Hampir 90 ribu umat Katolik memadati Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK) untuk mengikuti Misa Akbar bersama Paus Fransiskus, Kamis (5/9/2024). (Liputan6.com/Benedikta Miranti)

Liputan6.com, Jakarta - Polri terus memperketat pengamanan jelang Misa Akbar di Gelora Bung Karno (GBK) Senayan, Jakarta yang akan dipimpin langsung oleh Pemimpin Gereja Katolik Dunia, Paus Fransiskus. Lingkungan stadion pun sudah disterilkan untuk kurang lebih 80 ribu umat katolik yang akan mengikuti kegiatan ibadah ini.

"Sebelum pelaksanaan kita juga melakukan sterilisasi di sekitar lokasi GBK. Jadi diharapkan yang ikut ini adalah para undangan yang sudah tercatat oleh panitia, diperkiraan 80 ribu lebih," tutur Kasatgas Humas Ops Tribrata Jaya 2024 Brigjen Pol Tjahyono Saputro kepada wartawan, Kamis (5/9/2024).

Karo PID Divisi Humas Polri itu menyebut, peserta Misa Akbar telah berdatangan sejak pagi tadi. Mereka sangat antusias meski ibadah umat Katolik itu baru akan diselenggarakan pada Kamis sore.

"Pagi ini sejak pukul 10.00 WIB tadi, peserta ini sudah memasuki (GBK)," tutur dia.

Tjahyono mengulas, peserta Misa Akbar Paus Fransiskus datang ke Stadion GBK dengan sistem drop off menaiki bus. Nantinya, kendaraan akan menempati kantong parkir yang telah disediakan.

"Jadi mereka didrop kemudian bis yang membawa ini kemudian ditempatkan di kantong parkir yang telah disediakan panitia," Tjahyono menandaskan.

Diketahui, dalam pengamanan kegiatan Paus Fransiskus dan event Indonesia Sustainability Forum (ISF) ini, Polri menggelar Operasi Tribrata Jaya 2024. Sebanyak 9.030 personel TNI-Polri terlibat operasi tersebut dengan rincian 4.730 personel Polri dan 4.300 prajurit TNI.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Dilarang Bawa Kendaraan Pribadi

Hadiri Misa Akbar Paus Fransiskus, Umat Katolik Mulai Berdatangan di GBK Senayan
Ratusan umat Katolik mulai berdatangan untuk mengikuti misa akbar bersama Paus Fransiskus di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta, Kamis 5 September 2024. (Liputan6.com/Ady Anugrahadi)

Sementara itu, peserta yang akan mengikuti Misa Akbar Paus Fransiskus dilarang membawa kendaraan roda empat ke Stadion GBK Senayan, Jakarta. Sebagai gantinya, Polri telah menyiapkan rute drop off untuk mempermudah para peserta memasuki lokasi Misa Akbar.

Setelah melakukan drop off peserta misa, bus lalu diparkir ke kantong parkir yang telah disiapkan. Polri sendiri menyiapkan sembilan kantong parkir untuk menampung 1.500 unit bus.

Kantong parkir itu tersebar di berbagai titik, mulai dari Kemayoran, Kramat, hingga Kampung Rambutan.

Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Infografis Kunjungan Paus Fransiskus ke Indonesia 3-6 September 2024. (Liputan6.com/Gotri/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya