AHY Berharap Dapat Tugas dari Prabowo di Pemerintahan

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimuti Yudhoyono (AHY), menyatakan partainya akan menyambut baik jika diberikan kepercayaan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

oleh Muhammad Radityo Priyasmoro diperbarui 13 Sep 2024, 14:05 WIB
Diterbitkan 13 Sep 2024, 14:05 WIB
Pernyataan Prabowo Subianto dan AHY Usai Gelar Pertemuan
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto dan Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono melakukan salam komando. (Liputan6.com/Faizal Fanani)

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimuti Yudhoyono (AHY), menyatakan partainya akan menyambut baik jika diberikan kepercayaan bergabung dalam pemerintahan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029.

Menurut AHY, Partai Demokrat adalah bagian tidak terpisahkan dari perjuangan dan kemenangan Prabowo-Gibran dalam pemilihan presiden 2024.

"Kami tentunya berharap dapat menjadi bagian dalam mengawal pemerintahan ke depan. Ini juga yang diharapkan dan ditugaskan oleh Beliau (Prabowo) kepada kami, keluarga besar Partai Demokrat," kata AHY di IKN, Jumat (13/9/2024).

"Saya tentu harus siap menjalankan tugas apa pun yang diberikan oleh Beliau," ucap AHY.

AHY menegaskan Partai Demokrat siap untuk menjalankan peran di pemerintahan sebaik-baiknya sebagai sebuah amanah dengan penuh tanggung jawab.

"Jadi tentunya kita semua harus siap dan siap untuk menjadi bagian super tim yang akan Beliau bentuk lima tahun ke depan," ujar AHY.

Sebelumnya, adik Prabowo yang juga Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Gerindra, Hashim Djojohadikusumo, semoat berkomentar ada empat alumnus SMA Taruna Nusantara yang bakal masuk dalam daftar kabinet Prabowo.

Namun, dia mengaku telah berjanji kepada Prabowo tidak mengungkap nama-nama itu ke publik. Diketahui, AHY merupakan lulusan terbaik SMA Taruna Nusantara Angkatan ke-5. Maka tidak heran, nama AHY digadang-gadang satu dari empat nama tersebut.

Pemerintahan Prabowo-Gibran akan mulai menjalankan tugasnya pada 20 Oktober 2024. Hal itu ditandai dengan berakhirnya masa jabatan Presiden Jokowi dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin.

Pada sidang kabinet terakhir di Istana Garuda IKN, Presiden Jokowi sudah menyampaikan kepada para menterinya untuk menuntaskan tugas yang belum rampung dan mendukung penuh transisi pemerintahan Prabowo-Gibran.

Tercatat ada dua poin utama yang disampaikan. Pertama, transisi pemerintahan ke Prabowo sebagai presiden terpilih 2024-2029 harus berjalan efektif. Bahkan Jokowi memberi lampu hijau jika harus membuat regulasi baru.

Kedua, Jokowi meminta kepada para pembantunya untuk tidak membuat kebijakan yang merugikan rakyat. Sehingga berpotensi menimbulkan gejolak di akhir masa jabatannya dan transisi ke pemerintahan berikutnya.

Baca juga Akun Fufufafa Hina Habis-habisan Prabowo dan Keluarganya, Istana: Belum Pasti Punya Gibran

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Calon Menteri Kabinet Prabowo Akan Lebih Banyak dari Profesional Ketimbang Parpol

Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad
Ketua Harian Partai Gerindra, Sufmi Dasco Ahmad di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta. (Foto: Liputan6.com/Delvira Hutabarat).

Ketua Harian DPP Partai Gerindra Sufmi Dasco Ahmad menyatakan penambahan jumlah kementerian di kabinet pemerintahan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka belum final. Ia menyebut, jumlah 44 hingga 40 kementerian belum dapat dipastikan. 

"Jadi begini, soal berapa jumlah sampai dengan sekarang masih kita simulasikan. Bahwa penambahan kementerian itu adalah untuk optimalisasi tugas-tugas kementerian dalam rangka kita itu memenuhi janji kampanye," kata Dasco di Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Kamis (12/9/2024).

Menurut Dasco, jumlah pasti menteri kabinet baru bisa disampaikan ke publik satu minggu sebelum pelantikan presiden pada 20 Oktober 2024 mendatang.

"Ada yang bilang 44, ada yang bilang 42, ada yang bilang 40. Kita juga masih melakukan simulasi, mungkin nomenklatur maupun orang itu baru akan final H-7 atau H-5 mungkin," kata Dasco.

Meski demikian, Dasco menyebut calon menteri yang akan menduduki kabinet Prabowo akan lebih banyak dari golongan profesional daripada partai politik.

"Tentunya juga melihat tempat dan orang yang tepat. Nah sehingga keberadaan orang-orang profesional itu juga lebih banyak kelihatannya daripada yang kemudian dari parpol," ujar Dasco. 

Baca juga Kabinet Prabowo-Gibran Akan Berisi 44 Kementerian, Bakal Bebani APBN?

Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi dan Keluarga Dilaporkan Kolusi-Nepotisme ke KPK. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Live Streaming

Powered by

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya