Ridwan Kamil Ingin Revitalisasi Pasar Ternak Tanah Abang

Selain pasar, dia juga merevitalisasi bangunan sebagai tempat tinggal pekerja sekaligus tempat interaksi sosial warga Tanah Abang, terutama yang tinggal di Jalan Sabeni Raya.

oleh Jonathan Pandapotan Purba diperbarui 16 Sep 2024, 07:13 WIB
Diterbitkan 16 Sep 2024, 04:13 WIB
Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil menggelar acara talkshow bertajuk Bongkar Aspirasi Ridwan Kamil (BARK).
Bakal calon Gubernur Jakarta, Ridwan Kamil (Liputan6.com/Radityo Priyasmoro).

Liputan6.com, Jakarta - Bakal calon gubernur DKI Jakarta 2024 Ridwan Kamil (RK) berencana merevitalisasi pasar kambing dan sapi di Jalan Sabeni Raya, Tanah Abang, Jakarta Pusat.

Sebab, menurut RK, berdasarkan teori perkotaan, apabila harga bidang tanah yang ingin dibangun terlalu mahal, maka bangunan yang akan berdiri di atasnya harus bersifat multifungsi.

Selain pasar, dia juga merevitalisasi bangunan sebagai tempat tinggal pekerja sekaligus tempat interaksi sosial warga Tanah Abang, terutama yang tinggal di Jalan Sabeni Raya.

RK mengatakan revitalisasi ini akan menjadi bagian dari program pembangunan pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) untuk meningkatkan kualitas hidup warga di wilayah Tanah Abang.

Gagasan ini disampaikan RK saat beraudiensi dengan warga dan pedagang ternak potong di pasar ternak Tanah Abang pada Minggu.

“Jakarta boleh jadi kota global, tetapi sejarah jangan dilupakan. Apalagi Tanah Abang sudah menjadi pusat kehidupan ekonomi maupun budaya sejak lampau,” ujar pria yang disapa Kang Emil itu, seperti dilansir Antara.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Tampung Curhat Warga

Pada kesempatan tersebut, RK juga menampung curahan hati (curhat) warga mengenai permasalahan pengelolaan sampah yang belum optimal dan kebersihan sungai.

Menanggapi curhat tersebut, RK mengatakan, ragam permasalahan warga tersebut dapat teratasi dengan melibatkan warga dalam penyusunan program pembangunan.

Dia menyebutkan warga nantinya bisa berpartisipasi aktif dalam pembangunan melalui program dana RW yang RIDO usung dalam Pilkada DKI Jakarta 2024.

Dana melalui program ini dapat digunakan untuk membeli gerobak atau tempat sampah, membiayai manajemen sampah hingga melakukan berbagai peningkatan fasilitas umum lainnya.


Sila ke-4

"Jadi yang menentukan penggunaan anggarannya adalah warga dengan musyawarah mufakat sesuai dengan sila ke-4 Pancasila," kata RK.

Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Infografis KIM Plus Usung Duet Ridwan Kamil-Suswono di Pilkada Jakarta 2024. (Foto: Liputan6.com)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya