Jokowi: Bandara Nusantara ke IKN Hanya 15 Menit

Jokowi mengatakan, keberadaan Bandara Nusantara akan mempermudah mobilitas masyarakat yang ingin ke IKN. Dari yang awalnya memakan waktu 2 jam dari Balikpapan, kini hanya butuh 15 menit ke IKN apabila mendarat di Bandara Nusantara.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 25 Sep 2024, 14:15 WIB
Diterbitkan 25 Sep 2024, 14:15 WIB
Jokowi
Presiden Joko Widodo atau Jokowi akhirnya melakukan pendaratan perdana di Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur, Selasa (24/9/2024). (Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden)

Liputan6.com, Penajam Paser Utara - Presiden Joko Widodo atau Jokowi mengatakan keberadaan Bandara Nusantara, Kalimantan Timur akan mempermudah mobilitas masyarakat yang ingin ke Ibu Kota Nusantara (IKN). Dari yang awalnya memakan waktu 2 jam dari Balikpapan, kini hanya butuh 15 menit ke IKN apabila mendarat di Bandara Nusantara.

"Airport Nusantara, dalam proses dibangun kemarin sudah saya landing di sana. Pesawat saya sudah mulus sampai ke apron dan akan selesai 100 persen di bulan Desember tahun ini," kata Jokowi saat groundbreaking Magnum Resort Luxury di Kawasan IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

"Dari airport menuju ke Ibu Kota Nusantara kalau tolnya nanti sudah jadi kira-kira hanya 15 menit," sambungnya.

Menurut dia, keberadaan jalan tol Balikpapan-IKN juga mempersingkat waktu tempuh dari 2 jam lebih menjadi hanya 40 menit. Jokowi menargetkan pembangunan jalan tol tersebut rampung tahun 2025.

"Pada akhir tahun ini setelah jalan tolnya jadi kira-kira akan memakan waktu hanya 40 sampai 50 menit, atau maksimal kalau masih terlambat jalan tolnya mungkin di pertengahan tahun depan," tuturnya.

Jokowi mengungkap kesan investor perusahaan Rusia yang berinvestasi pada proyek Magnum Resort Luxury terkait IKN. Dia mengataman investor Rusia itu menyebut bahwa lokasi yang tepat untuk berinvestasi.

"Kita harapkan investasi ini akan menunjukkan bahwa peluang investasi yang ada di Ibu Kota Nusantara ini terbuka untuk siapapun karena ini akan menjadi kota global, karena Nusantara akan menjadi kota internasional dengan seluruh fasilitas yang dimiliki dan kita harapkan semakin banyak investor yang melakukan groundbreaking pembangunan," tutur Jokowi.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.


Targetkan Bandara IKN Rampung Desember

Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)
Pembangunan Bandara VVIP Ibu Kota Nusantara (IKN) di Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Kamis (29/2/2024). (Foto: Kementerian Perhubungan/Kemenhub)  

Sebelumnya, Presiden Jokowi menargetkan pembangunan Bandara Nusantara di Ibu Kota Nusantara (IKN), Kalimantan Timur dapat rampung akhir Desember 2024.

Dia mengatakan landasan pacu atau runway Bandara Nusantara sepanjang 3.000 meter sehingga bisa didarati pesawat berbadan lebar.

"Selesainya masih nanti akhir Desember akan selesai semua baik terminal, runway, berada di panjang 3.000 sehingga pesawat berbadan lebar bisa turun di IKN," kata Jokowi saat groundbreaking proyek di IKN, Kalimantan Timur, Rabu (25/9/2024).

Jokowi sendiri telah melakukan pendaratan perdana di Bandara Nusantara, dengan menggunakan pesawat kepresidenan-1 RJ85 pada Selasa, 24 September 2024. Dia menyebut pesawatnya mendarat sangat mulus.

 


Jokowi Mendarat Perdana di Bandara IKN

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian Perhubungan)
Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi kembali mengecek pembangunan Bandara Ibu Kota Nusantara (IKN). (Foto: Kementerian Perhubungan)

"Dengan selesainya Airport Nusantara kemarin sudah kita melakukan pendaratan yang pertama setelah beberapa kali dicoba, kemarin saya tanyakan ke Menhub, bener? Aman? aman bener? Betul, oke saya landing di Nusantara Airport. Begitu turun, runway-nya mulus, semua lancar," tuturnya.

Dia pun berharap semakin banyak pesawat yang berlalu lintas menuju dan ke IKN. Sehingga, bisa memberikan keramaian di IKN.

"Kita harapkan semakin banyak traffic, semakin banyak lalu lintas menuju dan ke IKN memberikan ekosistem keramayan yang bagus ke Ibu Kota Nusantara yang kita cintai ini," jelas Jokowi.

Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Jokowi Berkantor di IKN Nusantara Jelang Masa Jabatan Berakhir. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya