Istana Dipercantik Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran 20 Oktober 2024

Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan akan ada acara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, usai pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 18 Okt 2024, 14:30 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 14:26 WIB
Istana Kepresidenan Jakarta tampak bersolek menjelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 pada 20 Oktober 2024.
Istana Kepresidenan Jakarta tampak bersolek menjelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Liputan6.com, Jakarta - Istana Kepresidenan Jakarta tampak bersolek menjelang pelantikan Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden Terpilih 2024-2029 pada 20 Oktober 2024. Prabowo akan langsung mengunjungi Istana Kepresidenan Jakarta, usai dilantik menjadi Presiden RI di Gedung MPR RI.

Berdasarkan pantauan, tampak sejumlah pekerja membersihkan lantai marmer di teras belakang Istana Negara Jakarta pada Kamis, 17 Oktober 2024. Mereka membersihkan lantai dengan mesin scrubber atau penyikat lantai

Petugas lainnya terlihat memoles dan mengikir lantai. Tak hanya itu, lantai yang ada di sisi kanan belakang selasar Istana Negara yang kerap dilewati mobil Wakil Presiden juga diganti dengan yang baru.

Sementara itu, belum terlihat dekorasi-dekorasi di bagian luar Istana Kepresidenan Jakarta untuk menyambut kedatangan Presiden-Wakil Presiden RI periode 2024-2029.

Sebelumnya, Menteri Sekretaris Negara Pratikno mengatakan akan ada acara pisah sambut di Istana Merdeka Jakarta, usai pelantikan Prabowo sebagai Presiden RI pada 20 Oktober 2024. Nantinya, Jokowi akan menyambut Prabowo yang baru dilantik di Gedung MPR DPR RI.

"Ada acara pisah sambut di Istana Merdeka setelah pelantikan. Itu kan juga tradisi yang selama ini terjadi (setiap pergantian presiden)," kata Pratikno di Kompleks Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa 8 Oktober 2024.

Jokowi Akan Hadiri Pelantikan Presiden-Wakil Presiden

Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan.
Presiden Jokowi dan Ibu Iriana tersenyum semringah saat berfoto bersama para pegawai Istana, mulai dari Kementerian Sekretariat Negara, Sekretariat Kabinet, Paspampres, hingga petugas kebersihan. (Liputan6.com/ Lizsa Egeham)

Pratikno menyampaikan Jokowi akan terlebih dahulu kembali ke Istana Merdeka, usai menghadiri pelantikan Prabowo dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wapres periode 2024-2029. Sementara itu, Prabowo akan menyusul ke Istana Merdeka untuk prosesi pisah sambut.

"Nah, karena Pak Presiden kan nanti acaranya kan pisah sambut ya. Jadi setelah pelantikan di DPR rencananya Presiden ke-7 (Jokowi) akan lebih dulu berangkat ke Istana Merdeka, nanti Pak Presiden Prabowo menyusul untuk acara pisah sambut," tuturnya.

Pratikno memastikan Jokowi akan hadir pada pelantikan Prabowo di MPR RI pada 20 Oktober 2024. Kendati tak ada dalam aturan, kata dia, mantan-mantan presiden selalu hadir saat pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

"Pada waktu 2014 (Jokowi dilantik), Pak Presiden SBY dan Pak Wapres Boediono hadir. Jadi ada presiden dan presiden terpilih, wapres dan wapres terpilih setelah pelantikan ganti posisi," ucap Pratikno.

Pada tahun 2014, Jokowi juga melakukan prosesi pisah sambut dengan Presiden keenam RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Jokowi yang baru saja dilantik menjadi presiden, melepas SBY meninggalkan Istana Merdeka untuk ke kediaman pribadinya di Cikeas, Jawa Barat.

Kendaraan Taktis Mulai Bersiaga di Kompleks MPR Jelang Pelantikan Presiden-Wapres

Jelang Pelantikan Prabowo-Gibran, Gedung DPR RI Dijaga Ketat
Jelang hari pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih 2024-2029 kompleks gedung parlemen Republik Indonesia dijaga ketat aparat keamanan gabungan. (BAY ISMOYO/AFP)

Sementara itu, sejumlah kendaraan taktis telah bersiaga di halaman kompleks parlemen Senayan, Jakarta, pada H-2 (18/10/2024) Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden Terpilih Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka.

Pantauan Liputan6, terdapat 10 unit Anoa 6x6 Armoured Personnel Carrier (APC) dan 4 unit Indonesian Light Strike Vehicle (ILSV). Paspampres juga telah nampak memasang metal detector dan pengamanan lainnya.

Diketahui, Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI akan menggelar sidang paripurna dengan agenda Pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Masa jabatan 2024-2029, yang digelar 20 Oktober 2024.

Prosesi pengambilan sumpah jabatan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka itu akan digelar di Gedung Nusantara, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta.

Berdasarkan informasi yang diterima, gladi kotor pelantikan akan digelar hari ini, Jumat pukul 14:00, sementara gladi bersih akan digelar pada Sabtu (19/10/2024).

Menurut jadwal yang diterima, pelantikan akan dimulai tepat pukul 10.00 WIB, dan pengucapan sumpah presiden akan dilakukan pukul 10:26 WIB.

Sementara pidato pertama presiden usai dilantik akan dilakukan pada pukul 10:46 WIB. Siang paripurna akan selesai tepat pukul 11.23 WIB dan selanjutnya Presiden dan Wapres terpilih meninggalkan gedung MPR menuju Istana Negara.

 

Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Infografis Serba-Serbi Jelang Pelantikan Prabowo Sebagai Presiden ke-8 RI. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya