Jokowi: Selamat Bekerja Pak Prabowo dan Kabinet Baru

Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpamitan dengan jajaran menteri, wakil menteri, dan kepala badan Kabinet Indonesia Maju, menjelang pensiun pada Minggu, 20 Oktober 2024.

oleh Lizsa Egeham diperbarui 18 Okt 2024, 19:45 WIB
Diterbitkan 18 Okt 2024, 19:45 WIB
Baju Adat Betawi Jokowi di Sidang Tahunan MPR
Jokowi menitipkan Indonesia kepada Presiden terpilih Prabowo Subianto. (AP Photo/Tatan Syuflana, Pool)

Liputan6.com, Jakarta Presiden Joko Widodo (Jokowi) berpamitan dengan jajaran menteri, wakil menteri, dan kepala badan Kabinet Indonesia Maju, menjelang pensiun pada Minggu, 20 Oktober 2024.

Jokowi mengucapkan selamat bekerja kepada Presiden terpilih periode 2024-2029 dan jajaran kabinet barunya.

"Saya juga ingin menyampaikan selama bertugas, selamat bekerja kepada Presiden terpilih, Bapak Jenderal Purnawirawan Prabowo Subianto berserta seluruh jajaran kabinet yang kemarin sudah diperkenalkan kepada publik," kata Jokowi kepada jajaran Kabinet Indonesia Maju dalam acara makan siang bersama di Istana Negara Jakarta, Jumat (18/10/2024).

Mantan wali kota Solo itu berharap agar kebijakan dan program yang baik dapat diteruskan di pemerintahan Prabowo. Sedangkan kebijakan yang kurang baik, Jokowi berpesan untuk dikoreksi agar bermanfaat bagi masyarakat.

"Semoga apa yang telah kita kerjakan ini, yang baik bisa diteruskan, yang enggak baik bisa diperbaiki, bisa dikoreksi. Sehingga sekali lagi, bermanfaat bagi bangsa, negara, dan rakyat kita," ujar Jokowi.

Jokowi juga menyampaikan terima kasih kepada para menterinya atas dukungan dan kerja keras untuk negara. Dia berharap program dan kebijakan selama 10 tahun kepemimpinannya dapat bermanfaat bagi negara dan rakyat.

"Saya ingin memyampaikan ucapan terima kasih yang sebesar-besarnya atas dukungan, atas support, atas kerja keras untuk negara ini. Dan saya berharap apa yang sudah kita lakukan dalam 10 tahun ini bermanfaat bagi rakyat, bermanfaat bagi negara, bermanfaat bagi bangsa yang kita cintai," tutur Jokowi.

Selain itu, Jokowi menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya apabila ada kesalahan selama memimpin. Dia mempersilakan jajaran Kabinet Indonesia Maju untuk berkunjung ke rumahnya di Solo, Jawa Tengah.

"Saya ingin mohon maaf yang sebesar-besarnya apabila dalam berinteraksi, berkomunikasi, berhubungan selama berada di Kabinet Indonesia Maju, mohon maaf apabila ada hal-hal kurang berkenan di hati bapak ibu sekalian," ucap Jokowi.

"Hari Minggu siang saya akan pulang ke Solo. Kalau ada yang pas ke Jogja 30 menit nanti lewat tol, bisa silakan kalau ada yang ingin ke Solo. Kalau pakai jalan tol ada yang ke Surabaya lewatnya pasti harus lewat Solo, silakan juga kalau ingin mampir ke rumah," sambung Jokowi.

Seperti diketahui, Presiden Joko Widodo mulai menjabat sejak 20 Oktober 2014. Saat Pilpres 2014, Jokowi terpilih sebagai presiden bersama pasangannya, Wakil Presiden Jusuf Kalla.

Dalam Pilpres 2019, Jokowi kembali terpilih untuk masa jabatannya yang kedua. Kali ini, Presiden Joko Widodo didampingi oleh Wakil Presiden K.H. Ma'ruf Amin. Keduanya dilantik pada 20 Oktober 2019 untuk masa jabatan hingga 20 Oktober 2024.

Masa jabatan Jokowi-Ma'ruf Amin akan berakhir pada 20 Oktober 2024. Sebagai pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka akan dilantik sebagai presiden dan wakil presiden periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang.

Baca juga Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden, Bakal Jadi Penasihat Prabowo?

Polisi Kawal Jokowi Pulang ke Solo

Jokowi Iringi Jenazah Ibunda Saat Akan Disalatkan
Presiden Joko Widodo (Jokowi). (Liputan6.com/Fajar Abrori)

Presiden Joko Widodo atau Jokowi segera pulang kampung di Solo usai memberi tongkat estafet kepemimpinannya ke Presiden terpilih Prabowo Subianto pada Minggu, (20/10/2024). Polisi pun akan mengawal kepulangan Jokowi ke Solo dari Bandara Halim Perdanakusuma. 

"Diperkirakan sampai nanti Bapak Jokowi menuju ke Halim juga akan kita amankan jalur tersebut," kata Dirlantas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Latif Usman di Jakarta, Jumat, (18/10/2024).

Diberitakan sebelumnya, Ketua Umum Relawan Pro Jokowi (ProJo) sekaligus Menteri Komunikasi dan Informatika, Budi Arie Setiadi, mengatakan Jokowi akan berangkat dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, menuju Solo. Penerbangan Jokowi dijadwalkan pukul 15.00 WIB.

"Betul. Naik pesawat komersial dari Halim. Tanggal 20 Oktober jam 15.00," kata Budi Arie saat dikonfirmasi Liputan6.com, Rabu (16/10).

Budi belum bisa memastikan maskapai penerbangan yang akan digunakan Jokowi untuk pulang ke Solo. Berdasarkan penelusuran, maskapai yang memiliki rute Halim Perdanakusuma-Adi Soemarmo, Solo hanya Citilink dan Batik Air.

Jokowi kemungkinan besar akan menggunakan pesawat komersial Citilink untuk pulang ke Solo. Di sisi lain, Garuda Indonesia tidak memiliki rute Halim-Adi Soemarmo.

"Kalau enggak salah (pesawat) Citilink atau Garuda," ucap Budi Arie.

Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)
Banner Infografis Persiapan Jokowi Jelang Pensiun Sebagai Presiden. (Liputan6.com/Abdillah)
Lanjutkan Membaca ↓
Loading

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya