[VIDEO] Waspada! Daging Busuk dan Bercacing Dijual Saat Ramadan

Sejumlah daging yang sudah membusuk dan berubah warna masih dijual di pasar.

oleh Liputan6 diperbarui 19 Jul 2013, 19:26 WIB
Diterbitkan 19 Jul 2013, 19:26 WIB
daging-busuk130719c.jpg
Berhati-hatilah jika membeli daging di pasar saat bulan Ramadan. Belakangan ini banyak beredar daging busuk glonggongan ataupun hati sapi bercacing.

Petugas Dinas Peternakan Ngawi, Jawa Timur, merazia sejumlah pedagang di pasar tradisional Karang Jati. Setelah sejumlah daging itu diperiksa dan dilakukan uji laboratorium di tempat, petugas menemukan daging ayam busuk.

Daging itu sudah berubah warna dan terlihat tak segar. Selain daging yang membusuk, hati sapi mengadung cacing pun dijual di pasar itu, seperti yang tayang dalam Liputan 6 Petang SCTV, Jumat (19/7/2013).

Peredaran hati sapi bercacing juga ditemukan Dinas Peternakan dan Perikanan Karanganyar, Jawa Tengah, di Pasar Induk Karang Pandan. Petugas menemukan daging tidak layak konsumsi itu setelah curiga hati sapi yang dijual terlihat tidak segar.

Setelah diperiksa, hati sapi itu benar mengandung cacing. Hati sapi itu tidak layak untuk dikonsumsi karena bisa mengakibatkan alergi bahkan keracunan. (Ndy/Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya