Yusril Deklarasi Capres di Surabaya, PBB: Ingin Napak Tilas

Memilih Surabaya sebagai lokasi deklarasi capres Yusril Ihza Mahendra adalah alasan faktor sejarah.

oleh Rochmanuddin diperbarui 06 Des 2013, 12:33 WIB
Diterbitkan 06 Des 2013, 12:33 WIB
yusril-130419b.jpg
Dewan Pimpinan Pusat Partai Bulan Bintang (PBB) berencana mendeklarasikan Ketua Majelis Syuro Yusril Ihza Mahendra sebagai capres 2014 pada Minggu 8 Desember mendatang di Surabaya, Jawa Timur. Lantas apa alasan menggelar di Surabaya?

Ketua Umum DPP PBB Malem Sambat (MS) Kaban mengatakan, pemilihan lokasi di Surabaya ada kaitan dengan asal Majelis Syuro PBB sekaligus mengenang sejarah. Bukan terkait kepentingan politik.

"Majelis Syuro dulu kan Hasyim Asy'ari dilakukan di Jawa Timur. Kita ingin menapak tilas sejarah kita sebagai partai dari yang dibangun banyak tokoh dari Jawa Timur. Bukan bargaining politik," ujar MS Kaban kepada Liputan6.com di Jakarta, Jumat (6/12/2013).

Kaban menampik pendeklarasian Yusril sebagai capres terburu-buru. PBB sebagai parpol berkewajiban menjalankan amanat Undang-Undang Dasar 1945. Dalam sistem presidensial, parpol harus mengajukan capresnya dalam pemilu.

"Sebagai edukasi politik dan juga di dalam negara yang menggunakan sistem presidensial, parpol harus mengusung capres pada pemilu. Kan itu amanat UUD 45. Jika kita konsisten pada sistem presidensial, ini kan serentak," jelas Kaban.

Dalam deklarasi ini, lanjut Kaban, PBB selain mengundang kader PBB, juga akan mengundang berbagai tokoh masyarakat Jawa Timur, termasuk perwakilan dari berbagai parpol.

Curi start kampanye Yusril kepada masyarakat Surabaya? "Ya sekaligus itu," ujarnya seraya tertawa. (Rmn/Sss)

Baca juga:
PBB Resmi Usung Yusril Ihza Mahendra Sebagai Capres 2014
Diusung PBB Sebagai Capres, Yusril: Ini Kesempatan Terakhir
Puan Jadi Cawapres, Yusril: Lihat Saja Nanti
Jadi Capres PBB, Yusril Langsung `Serang` Jokowi


POPULER

Berita Terkini Selengkapnya