Pria Ini Beli Tunai Mobil Rp 182 Juta dengan 5 Ton Uang Koin

Koin recehan yang dikemas dalam sejumlah kantong plastik berukuran besar itu kemudian dikeluarkan oleh para staf diler dan dihitung.

oleh Gesit Prayogi diperbarui 19 Mei 2014, 19:27 WIB
Diterbitkan 19 Mei 2014, 19:27 WIB
Pria Ini Beli Tunai Mobil Rp 182 Juta dengan Uang Koin
Koin recehan yang dikemas dalam sejumlah kantong plastik berukuran besar itu kemudian dikeluarkan oleh para staf diler dan dihitung.

Liputan6.com, Beijing – Diler mobil biasanya menyediakan sistem pembayaran dalam bentuk uang kas atau dengan kartu kredit. Namun, cara yang tak lazim justru ditempuh seorang pria asal Tiongkok untuk membeli sebuah mobil anyar.

Ya, sebagaimana dilansir dari Chinatopix, Senin (19/5/2014), seorang pria tak dikenal asal Provinsi Shangdong, China, justru membeli sebuah mobil dengan menggunakan ribuan uang koin yang beratnya mencapai lima ton.

Menurut laporan media lokal, sang pelanggan pergi ke diler untuk membeli sebuah mobil seharga US$ 16 ribu atau setara Rp 182 juta (estimasi kurs Rp 11.388 per dolar AS). Syaratnya, ia membayar mobil barunya itu dengan uang koin tidak menggunakan uang kertas.

Tak mau kehilangan pelanggan, pihak diler pun tak berpikir panjang dan langsung setuju. Kemudian, koin recehan yang dikemas dalam sejumlah kantong plastik berukuran besar itu kemudian dikeluarkan oleh para staf diler dan dihitung satu demi satu.

Menunggu para staf diler menyelesaikan perhitungan, pelanggan justru memilih menonton film hingga akhirnya tertidur. Tak lama kemudian, tidurnya ternggangu. Para staf mengeluh dan tak sanggup lagi menghitung banyaknya uang koin.

Para staf hanya sanggup menghitung sebanyak 50 ribu koin. Sisanya, mereka meminta agar pembeli menyelesaikan pembayaran dengan uang kertas atau kartu kredit.

Seangin dengan diler, pihak bank juga membatasi penerimaan sebanyak dua ribu uang koin yuan dalam satu hari. Akhirnya, sadar telah merepotkan orang banyak sang pembeli akhirnya setuju untuk membayar selisih harga sisanya dengan kartu kredit.

Adapun, mobil yang dibeli adalah jenis Souteast yang merupakan rekanan dari Mitsubishi yang juga bekerjasama dengan Chrysler menjul Dodge Caliber dan Caravan. (Gst/Nrm)

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Tag Terkait

Video Pilihan Hari Ini

Video Terkini

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya